Tim Ahli Geologi Lakukan Pengukuran Geofisika di Lokasi Sinkhole

Rabu, 25 Desember 2019 23:10

FAJAR.CO.ID,MAROS– Pasca insiden tanah amblas atau sinkhole, sejumlah tim dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Ikatan Alumni Geologi Universitas Hasanuddin mulai melakukan survei bawah permukaan, Rabu, 25 Desember di Dusun Tana Takko, Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana,Kabupaten Maros.

Tim Survey Geofisika dari Ikatan Alumni Geologi Unhas, Sumarlin menjelaskan dirinya saat ini sedang melakukan survei bawah permukaan dengan meteode Geofisika.

“Ini untuk mengetahui gambaran bawah permukaan dan melihat sejauh mana rongga-rongga dibawah permukaan batuan yang mengalami proses geologi,” katanya.

Mudah-mudahan dalam waktu tiga atau lima hari kedepan kita dapat hasil dari pengukuran geolistrik ini, sambungnya.

Dia juga mengatakan setelah adanya hasil pengukuran ini, lanjutnya bisa segera disampaikan kepada pemangku kepentingan atas hasil penelitian ini dan bermanfaat bagi warga sekitar.

“Kami berharap tidak ada lagi informasi simpang siur setelah hasil penelitian geofisika ini berkahir. Sehingga masyarakat tidak merasa resah lagi atau terpancing isu-isu yang tak bertanggung jawab,” harapnya.

Mengenai dugaan amblas ini, dia mengatakan hal ini murni proses geologi biasa atau proses sinkhole.

“Dalam sinkhoke ini ada pelarutan batuan atau proses karstifikasi batuan-batuan yang bersifat basah kemudian terkena air yang bersifat asam dan larut ke bawah permukaan yang membentuk rongga-rongga dibawah permukaan,” ungkapnya. (Rin)

Komentar