Biaya Persalinan Normal dan Sesar Gratis, Ini Syaratnya

Kamis, 26 Desember 2019 09:58

FAJAR.CO.ID, SURABAYA– Biaya persalinan kini bisa diklaimkan ke Dinas Kesehatan Surabaya. Bantuan itu berlaku sejak Perwali Nomor 53 Tahun 2019 diundangkan pada 29 November lalu. Namun, jaminan persalinan (jampersal) itu hanya berlaku bagi mereka yang tidak mampu.

Meski belum sebulan diundangkan, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita menyatakan bahwa sudah banyak warga yang mengklaimkan biaya persalinan. Warga yang tercatat sebagai penerima bantuan iuran (PBI) secara otomatis biayanya akan ter-cover APBD. ”Yang tidak punya pakai jaminan persalinan,” kata Feni, sapaan akrab Febria, Selasa (24/12).

Dalam perwali baru, persyaratan yang harus dilampirkan tidaklah rumit. Orang tua bayi hanya diminta membuat surat pengajuan klaim pembayaran jampersal, fotokopi KTP dan KK, tagihan asli, serta resume medis Selain itu, orang tua atau keluarga bayi harus mengurus surat keterangan tidak mampu atau surat keterangan miskin.

Surat tersebut didapatkan melalui rekomendasi RT/RW. Lurah lalu memverifikasi apakah pemohon benar-benar tidak mampu atau hanya mengaku-aku. Jika SKTM dan berkas lainnya sudah lengkap, data tersebut disampaikan ke dinkes.

Bagikan berita ini:
9
9
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar