Jalin Hubungan Gelap dengan Bawahan, KY Berhentikan Kepala Pengadilan Militer Makassar

Kamis, 26 Desember 2019 17:05

Komisi Yudisial

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Komisi Yudisial (KY) bertindak tegas atas pelanggaran etik para hakim. Sanksi pemberhentian pun diberikan bagi mereka yang terbukti melanggar.

Seperti rekomendasi sanksi pemberhentian kepada hakim berinisial HM yang merupakan Kepala Pengadilan Militer Makassar. Dia telah dijatuhi sanksi pemberhentian dengan hormat sebagai kepala pengadilan.

Ketua Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi KY, Sukma Violetta mengatakan, pelanggaran Hakim HM tergolong berat. Makanya ada sanksi pemberhentian, meskipun tetap diberi hak pensiun karena diberhentikan dengan hormat.

“Ada banyak kasus pelanggaran. Misalnya saja menjalin hubungan atau nikah siri tanpa izin. Serta pelanggaran lain. Tahun ini ada 8 hakim yang diberi sanksi berat, salah satunya Hakim MH,” bebernya, saat konferensi pers di kantor KY, Kamis, 26 Desember 2019.

Pelanggaran MH sendiri yakni mempunyai hubungan terlarang dengan bawahannya yang masih terikat perkawinan. Mengancam bawahan yang mengetahui hubungan tersebut.

Pelanggaran lain yakni melakukan intervens terhadap bawahan, terkait proses pemeriksaan. Keputusan rekomendasi pemberhentian ini pun diteken sejak 30 Juli 2019 lalu. (ful)

Bagikan berita ini:
9
5
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar