Kemah Literasi di RHD, Edukasi Taman Baca Masyarakat

Kamis, 26 Desember 2019 19:48

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Beri pelatihan kepada komunitas taman baca, Kemah Literasi 2019 digelar di Rumah Hijau Denassa (RHD). Penyelenggaraannya 24-26 Desember yang dipusatkan dua lokasi, RHD dan Sawahku, di Kelurahan Tamalayyang, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kemah Literasi itu melibatkan sejumlah komunitas taman baca di Sulsel. Peserta Kemah Literasi diberikan materi, seperti menulis berita agar saat mereka berkegiatan bisa menyosialisasikan kegiatannya. Termasuk materi pengelolaan taman baca.

Selain itu, hasil diskusi workshop Taman Baca Masyarakat (TBM) di Cilegon beberapa waktu lalu turut dibahas. Adapun rekomendasi itu yakni, meningkatkan kapasitas pengelola TBM untuk menjadikan sebagai tempat kegiatan, edukasi masyarakat, dan TBM mandiri dengan konsep 4E (education, empowerment, enlightening, enrichment).

Peningkatan kapasitas itu seperti adanya workshop tematik untuk pengelola TBM, advokasi ke pemerintah daerah, pembuatan administrasi dan laporan. Termasuk publikasi dan dokumentasi kegiatan literasi. TMB juga diminta berbagi inspirasi dan motivasi kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu, perwakilan Kemdikbud juga memaparkan program beasiswa untuk pengelola TBM dan residensi pengelola TBM.

Pelaksana Kemah Literasi, Dermawan Denassa mengatakan, Kemah Literasi ini melibatkan komunitas literasi di Sulsel. Rencana tindak lanjut Kemah Literasi 2019 yakni membuat agenda berikutnya seperti Piknik Literasi yang rencanannya tanggal 18 Januari 2020.

“Mereka bisa mendaftar lewat daring dengan menyertakan tulisan pengalaman terlibat di TBM dan Komunitas, atau pengalaman personal dalam gerakan literasi. Mereka juga membawa makanan, tumbler, dan tenda bulan sendiri,” ujarnya.

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI