Preview Bournemouth vs Arsenal: Ujian Pertama Mikel Arteta

Kamis, 26 Desember 2019 15:30

Mikel Arteta (tengah) akan melakoni debut bersama Arsenal/Arsenal.com/Screenshot

FAJAR.CO.ID, BOURNEMOUTH—Mikel Arteta dilahirkan untuk menjadi Manajer Arsenal. Dia dijuluki “Coach” oleh rekan satu timnya selama lima tahun di Emirates karena tekadnya menjadi pelatih.

Pantas tidaknya Miki mendapat julukan Sang Pelatih akan diuji malam nanti. Setelah ditunjuk menjadi manajer Arsenal menggantikan Unai Emery, akhir pekan lalu, ia akan melakoni debutnya menghadapi Bournemouth di Vitality Stadium.

Dengan waktu yang begitu singkat plus pengalamannya yang hanya sebatas asisten pelatih, ini tentu bukan tugas mudah bagi pelatih berusia 37 tahun tersebut. Meski demikian, Miki berjanji akan berusaha memberikan hasil terbaik di pekan ke-19 Premier League ini.

“Kami akan mencoba menempatkan tim yang paling kompetitif melawan Bournemouth. Kami tahu betapa rumitnya bermain di stadion itu, tetapi kami harus siap,” tegas Arteta dikutip dari situs resmi Arsenal.

Miki memastikan pemainnya sudah mulai paham gaya dan cara bermain yang ia inginkan yang persiapannya sama seperti Pep Guardiola. “Secara keseluruhan, mereka memiliki sedikit gambaran yang saya harapkan mereka miliki dalam situasi permainan yang berbeda,” jelasnya.

Masalah Arsenal sebelumnya adalah hasrat dan komitmen pemain di lapangan. Dan Miki menegaskan hal itu sudah menjadi prioritasnya sejak awal. “Prioritas, seperti yang saya katakan sebelumnya, adalah komitmen, akuntabilitas, agresi, dan hasrat memainkan olahraga ini dan untuk mewakili klub ini,” tegas Miki.

“Ini adalah dasar yang akan saya tuntut dari mereka, dan dari sana kita dapat mulai membangun sesuatu dan memperbaiki semua hal. Jelas, itu harus dilakukan secepat mungkin. Jika kita tidak memiliki ini, saya pikir itu akan sulit,” lanjutnya.

Untuk laga Boxing Day ini, Calum Chambers, Kieran Tierney, Sead Kolasinac, dan Rob Holding masih akan absen. Sementara Hector Bellerin, Dani Ceballos, Gabriel Martinelli, dan Mesut Ozil akan dilihat kondisi terakhirnya jelang kickoff.

Di pihak Bournemouth, manajer Eddie Howe memprediksi pertandingan ini akan berjalan ketat. “Ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit, saya berharap mereka bermain seperti yang dia (Arteta) inginkan,” kata Howe di situs resmi Bournemouth.

Howe sendiri memastikan timnya tidak gentar dengan gaya permainan baru yang dibawa Mikel Arteta. Menurutnya, mereka akan bermain dengan gaya sendiri. “Kami memiliki para pemain yang bisa melukai siapa pun di divisi ini,” tegasnya.

Tuan rumah juga tidak bisa diperkuat sejumlah pemainnya. Selain Arnaut Danjuma Groeneveld, David Brooks, Charlie Daniels, Nathan Ake, Lloyd Kelly, Steve Cook, Adam Smith, dan Harry Wilson yang cedera, Diego Rico juga tak bisa bermain akibat sanksi.

Makanya, Howe menegaskan tidak banyak perubahan yang bisa ia lakukan di laga ini. “Saya tidak mengharapkan perubahan besar pada tim. Kami akan menunggu dan melihat apakah masih ada yang absen. Saya tidak tahu apakah mereka siap untuk Arsenal,” tandasnya. (amr)

Prakiraan Pemain

Bagikan berita ini:
6
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar