Sinkhole Bisa Meluas di Sulsel

Kamis, 26 Desember 2019 10:59

FAJAR.CO.ID, MAROS — Tanah amblas alias terban (runtuh) di Maros terus melebar dan dalam. Beberapa daerah di Sulsel juga punya potensi.

DALAM ilmu geologi, kondisi seperti itu dikenal dengan nama sinkhole. Sebuah peristiwa berupa munculnya lubang runtuhan yang luas dan dalam.

Memang, sinkhole di Dusun Tana Takko, Desa Lebbo Tengae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, bukan yang pertama terjadi. Namun, ini dipercaya sebagai peristiwa pertama yang terjadi di dekat tempat tinggal warga.

Ketua Pusat Studi Kebencanaan Unhas Adi Maulana mengungkapkan, peristiwa di Desa Lebbo Tengae, Senin, 23 Desember itu adalah sebuah fenomena alam biasa. Namun, menjadi peringatan bagi manusia untuk meningkatkan kewaspadaan.

Dia menjelaskan, karakteristik daerah di sekitar kawasan karts memang rawan terjadi sinkhole. Lantaran, struktur bawah tanah daerahnya tersusun oleh bebatuan gamping.

“Fenomena ini sudah sering terjadi. Bahkan di daerah setempat (Cenrana) itu sudah tiga kali terjadi dalam 20 tahun terakhir. Di Pangkep sudah beberapa kali juga,” ungkap Adi Maulana, Selasa, 24 Desember.

Bagikan berita ini:
4
3
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar