Berwisata ke Pulau Galang, Mengenang Pengungsi Vietnam

Jumat, 27 Desember 2019 21:32

Pulau Galang adalah salah satu pulau di dekat Batam yang menyimpan sejuta sejarah tentang para pengungsi Vietnam yang pernah tinggal di sana belasan tahun lamanya.

Perang yang terjadi di Vietnam pada akhir 1970-an membuat warganya berbondong-bondong mengungsi ke daerah-daerah sekitarnya. Dengan kapal, mereka menerjang gelombang laut dan badai agar bisa menyelematkan diri dan keluarga dari perang tak berkesudahan.

Tak kurang dari 5.000 pengungsi terdampar di Pulau Galang. Di sinilah kemudian mereka membangun kehidupan. Sampai saat ini, sisa-sisa peninggalan para pengungsi Vietnam masih bisa dilihat di sana.

Gelombang pengungsi ini menarik perhatian Komisi Tinggi Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Pemerintah Indonesia. Pulau Galang, tepatnya di Desa Sijantung, Kepulauan Riau, akhirnya disepakati untuk digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi para pengungsi. Saat ini, bekas kamp pengungsian tersebut dijadikan tempat wisata. Berkunjung ke tempat ini, kamu akan merasakan sekaligus mengingat akan tragedi masa lalu.

Video: FAJAR

Simak video selengkapnya hanya di kanal Youtube FAJAR NATIONAL NETWORK!

Bagikan berita ini:
9
6
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar