Tiongkok Kerahkan Kapal Perusak Berpeluru Kendali ke Laut Oman


FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Tiongkok memastikan mengirim kapal perusak berpeluru kendali dalam latihan gabungan angkatan laut dengan Iran dan Rusia di Samudra Hindia dan Teluk Oman.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok, Wu Qian mengumumkan rencana untuk mengirim kapal Xining dalam latihan bersama pada briefing berita bulanan di Beijing seperti dilansir Iranian, Jumat, 27 Desember.

“Sabuk Keamanan Laut,” nama sandi latihan bersama itu akan dimulai hari ini dan berlangsung hingga Senin mendatang.

Latihan itu dimaksudkan untuk memperdalam kerja sama antara angkatan laut ketiga negara tersebut.

Sebelumnya, Brigadir Jenderal Abolfazl Shekarchi, Juru Bicara Angkatan Bersenjata Iran mengatakan, latihan ini dimaksudkan mempromosikan keamanan perdagangan internasional di kawasan strategis. DIa menambahkan bahwa berbagi pengalaman dalam operasi penyelamatan maritim juga harus dikejar dalam manuver.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga mengidentifikasi “memerangi teroris dan bajak laut” sebagai tujuan yang mendorong latihan tersebut.

Pejabat Cina lebih lanjut menyebut manuver itu sebagai “pertukaran militer normal” antara tiga pasukan angkatan laut, yang sejalan dengan hukum dan praktik internasional. “Itu belum tentu terhubung dengan situasi regional,” tambahnya.

Latihan ini merupakan pertama kalinya digelar sejak kemenangan Revolusi Islam Iran tahun 1979, menandai kerja sama pertama dengan front angkatan laut Republik Islam pasca-Revolusi.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR