Turunkan Berat Badan, Seperti Ini Menu Terbaik


FAJAR.CO.ID– Karbohidrat terbaik kerap dicari orang-orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Pasalnya, sumber utama energi bagi tubuh ini punya peran penting dalam keberhasilan diet.

Bahkan, beberapa orang memilih menjalani diet rendah karbohidrat demi menurunkan berat badan.

Diet Rendah Karbohidrat

Salah satu jenis diet rendah karbohidrat yang marak dilakukan adalah diet keto atau ketogenik. Prinsip diet ini adalah mengonsumsi karbohidrat sesedikit mungkin (biasanya hanya 5-10% dari total kalori) dan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang sangat besar (bisa mencapai 60-70%).

Padahal, dalam diet seimbang yang dianjurkan porsi karbohidrat adalah 50-60% total kalori, sementara lemak 20-30%. Dalam hal ini, lemak digunakan sebagai energi utama untuk menggantikan karbohidrat.

Diet keto dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, para ahli tidak menyarankan diet keto dilakukan jangka panjang (lebih dari 12 bulan).

Menurut penelitian, menjalankan diet keto jangka panjang dikhawatirkan dapat menyebabkan efek samping.

Misalnya, perlemakan hati, kerusakan ginjal, dan gangguan metabolisme tubuh secara umum. Itu karena pada dasarnya, tubuh memang diprogram sedemikian rupa untuk menggunakan karbohidrat sebagai energi utama.

Sebenarnya, karbohidrat tidak melulu buruk dan harus dihindari saat diet, kok. Asalkan Anda tahu mana jenis karbohidrat yang baik, program diet Anda pun dapat berhasil. Karbohidrat terbaik apa untuk membantu menurunkan berat badan?

Komentar


KONTEN BERSPONSOR