Hasto: Ada Pemimpin yang Hanya Pintar Berkata-kata

Minggu, 29 Desember 2019 17:12

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PDI Perjuangan mengapresiasi sikap tanggap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang turut serta memadamkan kebakaran di toko elektronik UFO. PDI Perjuangan menganggap sikap Risma itu membuktikan sebagai kepala daerah yang memahami cara memimpin.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi kerja cepat, melalui sistem komando yang jelas, dan paham detail sehingga mampu mengatasi berbagai problematika kota besar termasuk kebakaran.

“Menghadapi kebakaran UFO Elektronik yang berpotensi merambat ke kampung sekitar, Bu Risma bertindak cepat, paham skala prioritas, dan kerja detail dengan rantai komando yang jelas, spesifik, dan hadir langsung di tengah lapangan sehingga memberi semangat bagi seluruh aparatnya untuk bekerja dengan disiplin dan berdedikasi. Ini adalah keteladanan seorang pemimpin,” kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Sabtu (28/12).

Menurut dia, apa yang dilakukan Risma menjadi bukti bahwa pemimpin itu harus visioner. Selain itu yang lebih penting pemimpin itu harus paham detail tata kota dan turun ke lapangan sehingga memahami problematika rakyat.

“Ada pemimpin yang hanya pintar berkata-kata, bermain logika, namun tidak paham detail, sehingga anggaran rakyat dipakai untuk belanja yang tidak tepat sebagaimana terjadi dengan kasus Aica-Aibon beberapa waktu yang lalu,” kata Hasto.

Jika merujuk pada kasus Aica Aibon, peristiwa itu mengingatkan kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kasus itu melahirkan polemik di tengah-tengah masyarakat. Sebab, ada temuan pengajuan anggaran pembelian lem Aica-Aibon dengan harga mencapai Rp82 miliar.

Komentar