Unjuk Kekuatan dengan Rusia dan Tiongkok, Komandan AL Iran: Pengaruh AS Sudah Memudar

Minggu, 29 Desember 2019 19:24

foto iranian

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Komandan tertinggi Angkatan Laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi menegaskan waktu untuk memamerkan kekuatan angkatan laut AS di wilayah Teluk Persia sudah berakhir.

Pernyataan Laksamana Muda Khanzadi itu disampaikan di tengah latihan bersama angkatan laut dan unjuk kekuatan tiga musuh Amerika Serikat yakni Iran, Rusia, dan Tiongkok yang puncaknya dilakukan di Laut Oman dan Samudra Hindia.

“Amerika telah berusaha keras untuk mengisolasi Iran. Tetapi upaya mereka belum berhasil. Latihan bersama angkatan laut oleh Iran, Rusia, dan Tiongkok menggambarkan hal ini dengan sangat baik. Kami tentu tidak terisolasi dan jika ada, kami bekerja sama dan bekerja lebih erat dengan sekutu kita daripada sebelumnya,” tegas Khanzadi seperti dilansir iranpress, Minggu, 29 Desember.

Berbicara kepada wartawan mengenai latihan bersama Angkatan Laut Iran-Rusia-Cina, Hossein Khanzadi menambahkan kerja sama pertahanan dan keamanan laut dengan latihan bersama ini mencerminkan perkembangan hubungan dan kerja sama antara ketiga negara di tingkat tertinggi. “Bahwa upaya AS untuk membuat kawasan itu tidak aman semakin memudar,” tambahnya.

Iran pun menegaskan, negaranya mengundang semua negara di kawasan Teluk Persia untuk bergabung dan bekerja sama regional guna memastikan keamanan terbaik di kawasan itu.

“Mereka yang tidak mengharapkan koalisi regional yang dipimpin Iran dan menginginkan isolasi Iran dan menjatuhkan sanksi kejam terhadap Republik Islam, hari ini melihat tidak hanya semua investasi dan sanksi yang mereka kenakan terbuang sia-sia tetapi juga membawa konvergensi kekuatan regional, yaitu, wilayah itu akan berdiri di atas kakinya,” tandas Khanzadi.

Komentar