Sawedi Muhammad: Mesin-mesin Politik Pak NA Masih Panas Loh

Senin, 30 Desember 2019 10:56

Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hingga saat ini publik masih meraba akan ke mana dukungan Gubernur Sullsel, Nurdin Abdullah (NA) di pilwalkot Makassar 2020 nanti. Posisi NA diyakini bisa menjadi penentu kemenangan kandidat.

Demikian penilaian pengamat sosiologi politik Universitas Hasanuddin, Sawedi Muhammad. Ia sampai dalam forum ngobrol politik di salah satu tempat kongko di Makassar, Minggu, 29 Desember.

Sawedi menyampaikan, ada beberapa alasan mengapa dukungan NA sangat menentukan pertarungan di Pilwalkot. Pertama, saat ini Makassar dikendalaikan oleh penjabat wali kota.

Lalu seluruh jajaran birokrasi pemerintahan Kota Makassar hari ini merupakan orang-orang yang ditunjuk dan dikendalikan NA.

“Mereka yang didukung oleh struktur birokrasi itulah yang akan menjadi pemenang,” ungkap, kemarin.

Alasan lainnya, NA memiliki jaringan relasi dan tim pemenangan yang masih solid. Mengingat Pemilihan Gubernur baru setahun berlalu.

“Sehingga mesin-mesin politik Pak NA masih panas loh. Belum lagi bicara resources politik, seperti jaringan dan sumber-sumber donasi,” lanjutnya.

Alasan itu membuat Sawedi yakin akan posisi dukungan NA. “Kalau calon wali kota tidak didukung oleh birokrasi dan segala perangkatnya, termasuk vgubernur, maka akan kerja keras terus-terusan. Kalaupun terpilih pasti tidak sinkron dengan program pemerintah provinsi,” terangnya.

Pengamat lainnya, Jayadi Nas, yang juga Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel, tak menampik penilaian Sawedi. Ia juga yakin, mesin pemenangan NA saat memang masih panas. Siap bergerak kapan saja.

Komentar


VIDEO TERKINI