Teh Kembang Sepatu, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 30 Desember 2019 08:38

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pernahkah Anda coba minum teh hibiscus? Ini adalah teh herbal yang dibuat dari kembang sepatu yang dikeringkan dan berwarna merah tua.

Teh hibiscus memiliki rasa manis dan asam yang bisa diminum panas atau dingin. Minuman teh herbal ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Sebuah penelitian menemukan berbagai manfaat teh hibiscus, di antaranya mengendalikan tekanan darah dan membantu menurunkan berat badan.

Apa saja manfaat teh hibiscus? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (25/12).

Memiliki Sifat Hipotensi dan Kardioprotektif

Minum teh kembang sepatu telah terbukti ramah jantung. Mengonsumsi ekstrak teh atau bunga ini secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik (SBP) dan tekanan darah diastolik (DBP) pada orang dewasa dengan atau tanpa diabetes sedang.

Menurut sebuah penelitian 2008, para relawan yang minum teh kembang sepatu mengalami penurunan 7,2 poin dalam tekanan darah sistolik mereka, dibandingkan dengan penurunan 1,3 poin pada mereka yang mengonsumsi plasebo.

Beberapa uji coba terkontrol menunjukkan bahwa teh kembang sepatu memiliki efek penurun lipid. Antosianin dan asam kembang sepatu di bunga bertanggung jawab atas karakteristik ini. Antosianin juga mencegah oksidasi LDL, yang bisa menyebabkan pembentukan plak dan peradangan.

Mencegah pembentukan plak teroksidasi lipid ini bisa mencegah penyakit kardiovaskular seperti aterosklerosis.

Bagikan berita ini:
10
5
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar