2020; Bukan Pergantian, Tapi Perjalanan


Oleh: H. A. M. Nurdin Halid

Assalamu’alaikum Wr. Wb.Salam Sejahtera Bagi Kita Semua Syukur Alhamdulillah kita semua masih terjaga di penghujung tahun 2019, ini adalah berkah yang tiada tara dari Allah SWT.

Shalawat dan taslim atas junjungan Nabiyullah Muhammad SAW, figur yang senantiasa membimbing dan telah menjadi suri tauladan manusia bagi keselamatan dunia akherat.

Bumi terus berputar dan jarum jam tak tertahan bergerak dari detik ke menit, menit ke jam, siang dan malam silih berganti mengiringi derap aktifitas manusia di belahan dunia manapun.

Saat ini kita berada di penghujung tahun 2019, dan selama setahun tentunya kita semua menghadapi dinamika yang kompleks, mulai dari sisi personal, keluarga, lingkungan, profesi dan organisasi, bahkan bangsa dan negara tidak luput dari gegap gempita dinamika kehidupan. Di tengah harapan dan kenyataan tentunya kita semua telah berikhtiar yang terbaik, sungguh dari niat hingga jerih payah dan peluh keringat bercucuran dalam rangka memberikan yang terbaik bagi alam semesta.

Hitungan beberapa jam kemudian kita merampungkan.

Perjalanan hidup di lembaran kalender 2019, perjalanan yang cukup padat dan dipenuhi dengan berbagai harapan dan kenyataan, yang kesemuanya mengkristal menjadi pelajaran nyata bagi kita semua, pelajaran hidup yang kelak menjadi cerminan hari esok. 2019 banyak memberikan kita pengalaman yang sekaligus menjelma menjadi kurikulum kehidupan bagi kita semua, yang sewajaranya menjadi filterisasi bagi peristiwa yang belum berhasil dan menjadi referensi bagi proses yang berhasil.

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” [QS. Al-‘Ashr: 1-3]

Komentar


KONTEN BERSPONSOR