Angkatan Laut Iran Sita Kapal Penyelundup BBM, 16 Warga Malaysia Ditangkap

Selasa, 31 Desember 2019 15:42

angkatan laut iran saat melakukan operasi

FAJAR.CO.ID, TEHERAN– Pengawal Revolusi Islam Iran menyita sebuah kapal yang diduga menyelundupan bahan bakar, dan menangkap 16 awak kapal berkewarganegaraan Malaysia, media pemerintah melaporkan Senin malam.

Situs televisi negara IRIB mengatakan, militer Iran menyita 1,3 juta liter bahan bakar selundupan dari kapal yang tidak disebutkan namanya, 15 mil laut dari pulau Abu Musa.

“16 awak kapal yang berkebangsaan Malaysia ditangkap,” kata Komandan Angkatan Laut Garda Revolusi Islam Iran untuk wilayah itu, Brigadir Jenderal Ali Ozmayi, seperti dilansir aljazeera, Selasa, 31 Desember.

Abu Musa adalah satu dari tiga pulau di Teluk selatan yang berada di bawah kendali Iran tetapi diklaim oleh Uni Emirat Arab.

“Ini adalah penyelundupan bahan bakar keenam yang disita Angkatan Laut,” tambah Ozmayi.

Pada September, Iran menyita sebuah kapal dan menangkap 12 awak Filipina dari sebuah cincin yang diduga menyelundupan bahan bakar di Selat Hormuz.

Korps Pengawal Revolusi Islam menahan “tanker asing” di perairan Teluk pada 14 Juli, karena diduga menyelundupkan bahan bakar.

Iran juga menyita kapal lain pada 31 Juli dengan tujuh awak asing di atas penyelundupan bahan bakar, tetapi tidak pernah mengungkapkan identitas kapal atau kebangsaan awaknya.

Ketegangan Teluk ini meningkat tahun ini, setelah Amerika Serikat meningkatkan kampanye “tekanan maksimum” pada Iran setelah penarikan dari perjanjian nuklir penting pada tahun 2018.

Komentar


VIDEO TERKINI