Angkasa Pura Siapkan Layanan SNS Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus

0 Komentar

FOTO: ARINI/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAROS — PT Angkasa Pura I (Persero) terus meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Pasalnya kali ini pihak pengelola bandara meluncurkan layanan baru bagi penumpang berkebutuhan khusus di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dimana layanan baru yang bernama Special Needs Service (SNS) ini merupakan layanan secara cuma – cuma untuk penumpang yang berkebutuhan khusus.

Akan tetapi layanan ini diperuntukkan bagi penumpang yang telah membeli tiket pesawat.

General Manager PT Angkasa Pura I, Wahyudi mengatakan layanan ini dititik beratkan bagi pengguna jasa yanh berkebutuhan khusus.

“Ini merupakan salah satu program dari bandara dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa maupun memberikan kesamarataan pelayanan terhadap pengguna jasa kebutuhan khusus maupun manula dan lain-lainnya,” katanya saat launching websiteSpecial Needs Service (SNS).

Bentuk layanannya kata dia, misalnya ada pengguna jasa yang membutuhkan kursi roda sisa menggunakan aplikasi atau website SNS.

“Jadi kita mengakses website ini di sns.angkasapura1.co.id.  Sekanjutnya kita lakukan pengisian data diri, nama penerbangannya, nomor penerbangan dan jam berapa. Setelah diisi data itu dikirim ke pusat pelayanan di Bandara Sulhas. Selanjutnya nanti akan ada notifikasi email yang menyatakan bahwa pesanan telah diterima,” jelasnya.

Setelah itu lanjutnya, saat  penumpang tiba di Tollgate Bandara, penumpang kemudian menekan tombol bantuan pada mesin karcis parkir.

“Jadi di area tollgate bandara itu ada dua tombol, satu tombol karcis dans atau tombol untuk pengguna jasa berkebutuhan khusus. Setelah tiba di tollgate tekan tombol bantuan dan petugas akan mendatangi penumpang untuk kemudian dibantu diarahkan ke area dropzone khusus penumpang berkebutuhan khusus,” jelasnya.

Petugas Customer Service kemudian akan menjemput dan mengantar penumpang ke counter check in untuk diserahkan ke petugas maskapai. Petugas maskapai selanjutnya akan membantu penumpang sampai proses masuk ke pesawat.

Diaku Wahyudi program ini bertujuan  untuk mengurangi waktu menunggu penumpang untuk mendapatkan layanan khusus.

“Untuk itu dengan sistem ini, diharapkan kami dapat langsung menjemput penumpang dan memberikan layanan yang dibutuhkan,” katanya.

Wahyudi juga menambahkan bahwa pelayanan ini juga merupakan nilai tambah bagi bandara. (rin) 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...