Jakarta Banjir, Ini Tol Dalam Kota yang Lumpuh

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Banjir yang kembali merendam wilayah Jakarta dan sekitarnya membuat banyak ruas jalan tidak bisa dilalui sama sekali. Salah satunya adalah jalan tol dalam kota dari arah Semanggi menuju Cawang.

Para pengguna jalan tol diharapkan mencari jalan alternatif lain karena jalur tersebut ditutup untuk sementara waktu akibat genangan air.

“Yang dari Semanggi menuju Jagorawi kita tutup sementara begitu juga dengan Cikampek-Tanjung Priok. Tapi upaya sedang dilakukan untuk pemompaan,” ujar petugas pengawas tol dari Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Erry Letika ditemui di Jalan Tol Insinyur Wiyoto Wiyono, Jakarta, Rabu (1/1).

Selain tol, di kawasan Cawang, Jakarta Timur, genangan air yang tinggi sekitar 30 centimeter (cm) hingga 50 cm membuat kawasan itu masih tidak bisa dilalui kendaraan. Bahkan, Transjakarta kesulitan melewati jalur tersebut.

Beberapa petugas membantu proses pengalihan jalan di daerah tersebut. Hujan yang mengguyur Jakarta dan beberapa kawasan di sekitarnya membuat beberapa kawasan lumpuh akibat banjir. Tidak hanya jalur tol, beberapa jalur kereta commuter line juga tidak bisa beroperasi akibat jalurnya terendam air.

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan hujan berintensitas tinggi menyebabkan ketinggian air melebihi permukaan rel.

“Genangan air di sejumlah wilayah ketinggiannya telah melewati permukaan rel sehingga tidak aman untuk KRL melintas,” kata Anne.

Menurut rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), d?i wilayah DKI Jakarta banjir antara lain melanda daerah Pondok Kelapa Jakarta Timur. Di daerah Cipinang, Jakarta Timur, tinggi air banjir sampai dua meter.

Banjir juga terjadi di kawasan Rumah Sakit TNI AL Dr Mintoharjo, Jalan Bendungan Hilir, Tanah Abang, dibJakarta Pusat, Perumahan Sekretariat Negara Cempaka Putih di Jakarta Pusat dan Kampus Borobudur di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur.

Selain itu, banjir menggenangi perumahan warga di Kelurahan Gedong di Pasar Rebo, Jakarta Timur dan perumahan warga di Kelapa Molek, Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara dan Kawasan Jalan Bambu Kuning, Kelurahan Cengkareng Barat, Jakarta Barat.

Bagian depan Tamini Square Jakarta Timur juga kebanjiran, demikian juga kawasan Jl DI Panjaitan Jakarta Timur, TL. Arion Jl Pemuda Jakarta Timur, kompleks BPPT Meruya Jakarta Barat, serta kawasan Pulogadung dan Pulomas. (ant/jpnn/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...