12 Tantangan Messi di 2020, Rekor Ronaldo Salah Satu yang Tersulit

0 Komentar

Lionel Messi meraih Ballon d'Or 2019/Francois Mori/AP

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Tahun 2020 bisa menjadi tahun yang sangat istimewa bagi Lionel Messi. Ada setidaknya 12 tantangan yang menanti sang superstar tahun ini dengan rekor Xavi Hernandez dan Cristiano Ronaldo menjadi yang tersulit untuk ia pecahkan.

Berikut 12 tantangan Messi sepanjang 2020 dikutip dari Marca:
1. Menyalip Pele sebagai pencetak gol terbanyak untuk satu klub
Pele mencetak 643 gol untuk Santos selama kariernya. Dengan 618 gol bersama Barcelona, Messi kini hanya tertinggal 25 gol di belakang Pele.
2. Meraih gelar kelima Liga Champions
Setelah lima tahun tanpa trofi Liga Champions, Messi jelas akan berambisi mengakhiri paceklik. Barcelona saat ini sudah lolos ke babak 16 besar dan akan berhadapan dengan Napoli.
3. Memenangkan gelar La Liga kesembilan dalam 12 tahun
Sejak masuk ke tim utama, Barcelona hanya gagal memenangkan lima dari 16 gelar liga yang kemungkinan didapat klub Catalan itu. Messi memenangkan total 10 gelar La Liga dalam kariernya dan bisa bisa meraih gelar kesembilan dalam 12 tahun terakhir pada 2020 ini.
4. Menjadi raja Copa del Rey
Barcelona menjadi kolektor gelar Copa del Rey terbanyak (30). Pesaing terdekatnya, Athletic Bilbao sejauh ini mengoleksi 23 gelar. Jika Barca juara, Messi akan menyamai torehan Jose Maria Belauste dan Agustin ‘Piru’ Gainza sebagai pemain dengan gelar Copa del Rey terbanyak dalam sejarah (8).
5. Memenangkan Ballon d’Or ketujuh
Setelah meraih gelar Ballon d’Or keenamnya 2019 ini dan menjadi pemain dengan gelar terbanyak dalam sejarah, Messi kini mengejar Ballon d’Or ketujuh pada 2020.
6. Memenangkan Sepatu Emas Eropa untuk tahun keempat berturut-turut
Messi sudah menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa selama tiga musim terakhir dan bisa mendapatkan gelar keempatnya musim ini. Messi kini mencetak 13 gol atau hanya terpaut enam gol di belakang Robert Lewandowski, yang memimpin dengan 19 gol.
7. Memenangkan Pichichi terbanyak dalam sejarah
Setelah memenangkan enam trofi Pichichi dalam kariernya, Messi sejajar dengan Zarra dan bisa menjadi peraih gelar top skor terbanyak musim ini.
8. Menjadi pemain Barcelona dengan penampilan El Clasico terbanyak
Messi sudah menyamai rekor Xavi Hernandez, yakni 42 penampilan El Clasico untuk Barcelona melawan Real Madrid pada bulan Desember. Begitu ia memainkan pertandingan berikutnya melawan Los Blancos, ia akan menjadi penampil El Clasico terbanyak.
9. Menjadi penampil terbanyak dalam sejarah Barcelona
Xavi Hernandez dengan 767 pertandingan adalah penampil terbanyak dalam sejarah Barcelona. Sementara Messi kini mencatatkan 705 laga. Mungkin 2020 ini bakal sulit, namun jika tidak ada cedera, ia hampir dipastikan bisa melakukannya pada 2021.
10. Menjadi pemain dengan trofi terbanyak untuk satu klub
Hanya Ryan Giggs, yang memenangkan 36 trofi bersama Manchester United, dan Vitor Baia, yang memenangkan 35 trofi bersama Porto yang mengalahkan Messi. Ia kini mengoleksi 34 gelar bersama Barcelona. Jika bisa memenangkan tiga gelar di 2020, Messi akan menjadi pemain dengan trofi terbanyak untuk satu klub.
11. Menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions
Top skor Liga Champions saat ini adalah Cristiano Ronaldo. Messi saat ini terpaut 14 gol di belakang sang rival. Mengingat Ronaldo juga masih aktif dan lolos babak 16 besar, ini jelas susah namun bukan mustahil dilakukan Messi setidaknya di 2021.
12. Meraih Gelar Pertama Bersama Argentina di Copa America
Messi dan Argentina memiliki kesempatan memenangkan Copa America musim panas mendatang. Kebetulan, turnamen akan diselenggarakan bersama oleh Argentina dan Kolombia. Messi sebelumnya gagal mengangkat trofi setelah kalah di final 2015 dan 2016. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...