Curah Hujan Mencapai 377 Milimeter, Jauh di Atas Kategori Lebat

TRANSPORTASI TERGANGGU: Foto udara kawsan Jatinegara terendam banjir, Rabu (1/1). (Salman Toyibi/Jawa Pos)

Pada pagi harinya air mulai melumpuhkan jalan-jalan arteri Jakarta. Kawasan persimpangan di dekat Universitas Tarumanagara dan Universitas Trisakti terendam banjir. Praktis memutus akses menuju Bandara Soekarno-Hatta. Underpass lain seperti Mampang dan Cawang tidak bisa dilalui kendaraan, kecuali kendaraan besar.

Air juga merendam sebagian lajur Jalan Daan Mogot maupun tol Jakarta–Tangerang. Memicu antrean panjang kendaraan. Selain itu, kawasan Bidara Cina, Kampung Melayu, Pulomas, Cipinang, Kelapa Gading, Lapangan Golf Pangkalan Jati, Setu Babakan, serta beberapa wilayah di bantaran Sungai Ciliwung juga terendam.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, ada 13 kelurahan di Jakarta yang terdampak banjir pada Rabu (1/1). Jumlah tersebut bisa meningkat. Sebelumnya hanya delapan dari lima wilayah ibu kota, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat, yang terendam.

Kepala Pusat Data Informasi dan Kebencanaan BPBD DKI Muhammad Ridwan mengungkapkan, pihaknya terus memperbarui data wilayah terdampak banjir di Jakarta. Misalnya, di Jakarta Selatan, pada 31 Desember 2019, hanya satu wilayah yang tergenang. Namun kemarin sudah bertambah menjadi tiga kelurahan, yakni Manggarai Selatan, Petogogan, dan Cilandak Timur.

Ridwan menjelaskan, di Petogogan, genangan air mencapai 150 sentimeter. ”BPBD DKI telah menyiapkan evakuasi warga di sana,” katanya kemarin. Begitu pula halnya di wilayah lain. Di Jakarta Timur, ada delapan kelurahan yang terendam. Yakni Cipinang Melayu, Pinang Ranti, Halim Perdanakusuma, Kampung Melayu, Makasar, Cawang, Kramatjati, dan Pondok Bambu. ”Tinggi air bervariasi, dari 10 sentimeter sampai lebih 1 meter,” katanya. Catatan terbaru, tinggi genangan di sebagian wilayah Halim Perdanakusuma, Cawang, dan Pondok Bambu 100–200 sentimeter.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...