Minum Kopi Rutin, Ini 8 Fakta untuk Kesehatan

Kamis, 2 Januari 2020 10:56

Ilustrasi. Minum Kopi

FAJAR.CO.ID — Secangkir kopi yang baru diseduh pasti membangunkan mood di pagi hari. Karena kopi memang bersifat sebagai pembangkit semangat. Rutin minum kopi tanpa pemanis juga memiliki pengaruh positif pada kesehatan.

Seorang dokter umum di Australia, dr. James Liew, terdorong untuk meneliti minuman kopi membawanya untuk mendapatkan sertifikasi Keterampilan Sensoris Kopi dari Specialty Coffee Association (SCA). Keingintahuannya dimulai dengan pertanyaan sederhana mengenai reaksi yang dia lakukan dengan kopi.

“Saya mulai bereksperimen dengan dosis yang berbeda untuk menemukan jumlah optimal yang akan membuat saya minum tanpa efek samping negatif,” kenangnya seperti dilansir dari The Star, Kamis (2/1).

Ada beberapa fakta yang dia temukan seputar kopi dan kesehatan. Apa saja?

Fakta 1

Menurut dr. Liew, minum 400 mg kafein sehari, setara dengan tiga hingga empat cangkir kopi yang diseduh, adalah tingkat konsumsi yang aman bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat.

“Penting untuk diingat bahwa kafein tidak hanya hadir dalam kopi tetapi juga dalam makanan dan minuman lain termasuk teh, minuman ringan, minuman energi, cokelat dan es krim,” katanya.

Efek ringan, efek samping dari terlalu banyak kafein adalah palpitasi, tremor, agitasi, dan gangguan pencernaan. Efek ini biasanya akan berlalu dengan sendirinya.

“Ini juga tidak berarti bahwa ketika kopi lebih pahit pasti memiliki lebih banyak kafein. Espresso mungkin mengandung lebih sedikit kafein daripada jenis minuman lainnya,” ujarnya.

Komentar