Preview Liverpool vs Sheffield: Menjaga Momentum

0 Komentar

Mohamed Salah / Reuters

FAJAR.CO.ID, LIVERPOOL—Liverpool akan mengawali 2020 dengan menjamu Sheffield United di Anfield Stadium, dinihari nanti. Momentum kemenangan meski mereka jaga jika ingin jadi jawara Premier League.

Musim 2018/2019 menjadi pelajaran berharga bagi Juergen Klopp dan anak asuhnya. Tahun lalu, The Reds juga mengawali 2019 dengan status pemuncak klasemen. Dengan poin 54 dari 20 laga, mereka unggul tujuh angka di atas Manchester City.

Namun, kehebatan yang mereka tunjukkan di putaran pertama tidak mampu mereka pertahankan. City yang berstatus juara bertahan pun bisa memanfaatkan situasi dan akhirnya menyalip Liverpool di pekan ke-29 dan memenangi liga dengan hanya keunggulan satu poin.

Walaupun situasinya berbeda lantaran Liverpool memulai kalender 2020 dengan keunggulan 10 serta 11 poin di atas Leicester City dan Manchester United dan masih punya dua laga lebih sedikit, mereka jelas harus tetap berhati-hati. Pasalnya, lima laga mereka berikutnya seluruhnya adalah partai berat.

Sheffield yang akan jadi lawan pertama mereka tahun ini jelas bukan mangsa empuk yang dengan mudah dikalahkan. Kemenangan susah payah City atas klub promosi itu pekan lalu bisa menjadi gambaran kejutan yang mungkin bisa mereka lakukan di Anfield.

Setelah itu, sudah menunggu Tottenham Hotspur, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, dan West Ham United. Keempat pertandingan tersebut merupakan laga-laga berat dengan tiga di antaranya berstatus partai tandang.

Makanya, Klopp menjelang laga kontra Sheffield secara khusus memberi peringatan kepada anak asuhnya. Menurut pelatih berpaspor Jerman itu, semua elemen di Liverpool harus berjuang bersama-sama.

“Pemain benar-benar perlu didorong. Pertandingan kandang yang kami miliki harus menjadi keuntungan. Kami tidak memiliki keunggulan lain tetapi di kandang, itu harus menjadi keuntungan,” tegas Klopp di situs resmi Liverpool.

Klopp berharap fighting spirit bisa mereka pertahankan seperti kala menghadapi Wolverhampton, pekan lalu. “Sulit, sangat sulit, tapi tidak ada yang mengeluh tentang itu. Kami benar-benar tidak mencari alasan. Anak-anak ini mengeluarkan semua yang mereka miliki dan itulah yang kami coba lagi pada tanggal 2 Januari (3 Januari),” jelasnya.

Gelandang Liverpool, Adam Lallana mendukung pernyataan sang pelatih. Pemain bernomor punggung 20 itu mengatakan mereka tidak boleh melepas pegal gas. Bagi dia, pertandingan kontra Sheffield adalah laga besar yang wajib mereka menangi.

“Kami memiliki beberapa pertandingan besar di kandang. Sheffield United, yang memiliki musim yang fantastis, dan kemudian derby di Piala FA. Kami ingin mempertahankan bentuk itu memasuki Tahun Baru dan menjaga Anfield sebagai benteng,” katanya kepada Liverpoolfc.com.

Sheffield memang tidak akan menjadikan laga di Anfield ini sebagai pertandingan mudah bagi tuan rumah. Manajer Sheffield, Chris Wilder mengatakan, dirinya punya keinginan membuat The Blades terus bergerak maju di 2020 dan itu membutuhkan hasil positif.

Menurut Wilder, anak asuhnya tidak akan duduk dan merasa puas karena mereka menantikan beberapa tantangan besar di tahun baru ini. “Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk menghadapi mereka, kami harus bekerja keras,” tegasnya di BBC.

Pada laga sebelumnya, Sheffield sempat mengejutkan City dengan mencetak gol lebih awal yang kemudian dianulir VAR. Wilder berharap kali ini, nasib buruk tidak terjadi. “Mudah-mudahan wasit tidak menjegal pemain tengah kami dan kemudian membiarkan pemain mereka pergi dan mencetak gol,” ujarnya bercanda.

Liverpool yang memenangkan 17 pertandingan liga terakhir mereka di Anfield belum bisa diperkuat Xherdan Shaqiri karena masalah hamstring. Selain itu, Fabinho, Dejan Lovren, Joel Matip dan Alex Oxlade-Chamberlain juga dipastikan masih absen.

Sheffield yang kalah 0-1 di putaran pertama sementara itu akan menilai kondisi pemain tengah John Lundstram, yang absen saat mereka menantang Manchester City akibat cedera pergelangan kakinya di Boxing Day. Sedangkan kiper cadangan Simon Moore dipastikan absen karena masalah pangkal paha. (amr)

Prakiraan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Arnold, Van Dijk, Gomez, Robertson; Henderson, Wijnaldum, Keita; Salah, Firmino, Mane

Sheffield United (3-5-2): Henderson; Basham, Egan, O’Connell; Baldock, Freeman, Norwood, Fleck, Stevens; McGoldrick, McBurnie

Head to head

28/09/19 Sheffield United 0-1 Liverpool

24/02/07 Liverpool 4-0 Sheffield United

19/08/06 Sheffield United 1-1 Liverpool

21/01/03 Liverpool 2-0 Sheffield United

08/01/03 Sheffield United 2-1 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Liverpool

29/12/19 Liverpool 1-0 Wolverhampton Wanderers

26/12/19 Leicester City 0-4 Liverpool

21/12/19 Liverpool 1-0 Flamengo

18/12/19 Monterrey 1-2 Liverpool

17/12/19 Aston Villa 5-0 Liverpool

Lima pertandingan terakhir Sheffield United
29/12/19 Manchester City 2-0 Sheffield United

26/12/19 Sheffield United 1-1 Watford

21/12/19 Brighton & Hove Albion 0-1 Sheffield United

14/12/19 Sheffield United 2-0 Aston Villa

08/12/19 Norwich City 1-2 Sheffield United

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...