Jenderal Iran Qasem Soleimani Dilaporkan Tewas di Baghdad

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BAGHDAD– Pasukan Mobilisasi Populer Syiah Irak (PMF) mengatakan pada hari Jumat beberapa anggota milisi serta beberapa “tamu” tewas oleh tembakan roket di dekat Bandara Internasional Baghdad.

Media pemerintah Irak mengatakan, wakil kepala PMF, Abu Mahdi al-Muhandis, dan Komandan Pasukan Penjaga Revolusi Islam (IRGC) Quds Force, Mayor Jenderal Qasem Soleimani terbunuh dalam insiden itu.

Al Arabiya dan Sky News juga melaporkan kematian Soleimani. Belum ada konfirmasi resmi yang dikeluarkan oleh Teheran maupun IRGC.

Menurut laporan media sebelumnya, orang-orang yang terbunuh berada di dua kendaraan yang meninggalkan bandara Kamis malam. Proyektil tersebut dilaporkan telah mengenai fasilitas tentara Irak dan koalisi internasional. Menurut televisi Al-Sumaria, serangan itu juga melukai setidaknya 12 prajurit Irak dan menewaskan seorang warga sipil.

PMF menyalahkan AS dan Israel atas serangan udara mematikan itu.
“Musuh Amerika dan Israel bertanggung jawab atas pembunuhan mujahidin Abu Mahdi al-Muhandis dan Qassem Soleimani,” kata juru bicara PMF, Ahmed al-Assadi seperti dilansir Iranian, Jumat, 3 Januari.

Menurut pejabat AS, yang dikutip oleh Reuters dengan syarat anonimitas, serangan Kamis dilakukan terhadap dua target yang terkait dengan Iran di Baghdad.

Sebelumnya PMF yang dilaporkan bertanggung jawab atas pengepungan Kedutaan Besar AS di Baghdad, mengkonfirmasi pejabat senior yang bertanggung jawab atas hubungan masyarakat, Mohammed Jabiri, juga tewas dalam insiden itu.

Situasi di Irak meningkat pada hari Selasa ketika pengunjuk rasa Syiah berusaha untuk menyerbu gerbang Kedutaan Besar AS di Baghdad setelah serangan udara pada unit Kataib Hezbollah yang didukung Iran yang beroperasi di negara itu. Pemogokan dilakukan sebagai tanggapan terhadap serangan di pangkalan Kirkuk yang menewaskan seorang kontraktor AS. (fajar)

Sumber : iranian
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...