Keracunan Massal Ikan Tongkol, Ini Penyebabnya

Warga keracunan makan ikan tongkol. Foto: Pojokpitu

FAJAR.CO.ID, JEMBER - Sebanyak 250 orang keracunan makanan usai menyantap ikan tongkol saat acara menjelang malam pergantian tahun baru-baru ini di Jember, Jatim.

Pejabat Dinas Kesehatan dan Dinas Perikanan Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang juga didampingi Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Jember memaparkan kronologis dan penyebab keracunan tongkol yang dikonsumsi masyarakat tersebut.

"Hingga Kamis sore sebanyak 248 orang sudah diperbolehkan pulang dan masih terdapat dua orang yang menjalani rawat inap di fasilitas kesehatan," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Jember Dyah Kusworini saat menggelar konferensi pers di Media Center Humas Pemkab Jember.

Menurutnya, sebagian besar pasien korban keracunan tongkol itu keluhannya diawali dengan gatal, panas dalam tubuh, pusing, mual, ada yang muntah, dan membuat badan gemetar, sehingga pasien yang mengalami sakit agak parah dilarikan ke puskesmas terdekat.

"Apabila masyarakat merasa ada gangguan kesehatan seperti itu, maka diimbau untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat. Jika memerlukan angkutan untuk ke puskesmas akan disiapkan ambulans, tinggal hubungi 425-222," tuturnya.

Dyah menjelaskan semua fasilitas kesehatan sebanyak 50 puskesmas sudah disiapkan untuk pengobatan.

Termasuk di 13 rumah sakit di Jember disiagakan untuk menerima rujukan pasien, dan gratis tanpa dipungut biaya.

"Penyebab pasti keracunan dari ikan tongkol, tetapi untuk kandungan apa yang meracuni itu masih menunggu hasil laboratorium lebih lanjut karena kami tidak mencurigai adanya bahan-bahan lain," ujarnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...