Infografis

Pemkot Siaga 24 Jam

0 Komentar

PEMKOT Makassar menyiagakan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) 24 jam. Sewaktu-waktu, banjir bisa terjadi.

Penjabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb mengatakan, cuaca dengan intensitas hujan yang cukup tinggi membuat kondisi di perkotaan rawan banjir. Makanya, dia langsung berkoordinasi dengan seluruh OPD. “Terutama dinas yang punya wewenang dalam menangani kebersihan seluruh kanal di area Makassar,” ujar Iqbal, Kamis, 2 Januari.

Banjir yang melanda di Ibu Kota Jakarta, kata dia, mestinya harus jadi peringatan. Iqbal meminta agar semua pihak serius dalam menyikapinya.

“Makanya kita cek semua daerah yang berpotensi. Ada 30 titik. Di antaranya jalan di depan Kantor Pemprov Sulsel. Karena ini jalan nasional dengan volume kendaraan yang cukup tinggi,” terangnya.

Musibah seperti banjir mesti sedari awal sudah diantisipasi. Keterlibatan seluruh OPD, menjadi langkah awal Pemkot dalam merespons segala bentuk kemungkinan yang terjadi karena perubahan cuaca.

“Kita juga imbau masyarakat untuk waspada. Terutama pengawasan orang tua kepada anak-anaknya,” katanya. Pihaknya sendiri telah menerjunkan 500 satgas yang siap dan standby 24 jam.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Fuad Azis, mengatakan, pihaknya telah membuka layanan langsung kepada masyarakat. “Jika ada yang ingin minta bantuan seperti pembersihan kanal atau saluran buntu, silakan langsung ke Dinas PU. Nanti kita langsung terjunkan petugas,” katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar juga telah siapkan delapan perahu untuk menanggulangi ancaman banjir akibat cuaca ekstrem. Kepala BPBD Kota Makassar, Rusli mengatakan, dari delapan perahu yang ada hanya dua yang layak. “Yang lainnya sementara kita perbaiki,” ujarnya. (rdi/abg-zuk)

Comment

Loading...