Pengawai KPK Beralih Jadi PNS, KPK Usul Proses Tes

Jumat, 3 Januari 2020 10:10
Belum ada gambar

Kantor KPK.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pegawai KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) akan beralih status menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara), seperti diatur di Undang-Undang Nomor 19 tahun 2019.

Namun hingga saat ini belum ada petunjuk teknis bagaimana mekanisme pengalihan dimaksud. Apakah otomatis diangkat menjadi PNS atau PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), atau harus melalui mekanisme tes. Bagaimana pula dengan pegawai tidak tetap di sana.

Pihak KPK mengusulkan kepada pemerintah agar pegawai tidak tetap di KPK mengikuti tes dalam proses peralihan status menjadi ASN.

“Kalau kemudian di Rancangan Peraturan Pemerintah ini sebenarnya yang rencana akan melalui tes adalah bukan pegawai tetap, tetapi pegawai tidak tetap. Itu yang rencananya melalui tes karena memang kompetensinya kan berbeda dengan pegawai tetap yang sudah ada di sini. Itu sebenarnya yang terpenting di situ,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri di gedung KPK, Jakarta, Kamis.

Ali mengharapkan usulan tersebut bisa sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) terkait KPK.

“Jadi, itu salah satu usulan kita. Ya mudah-mudahan itu yang kemudian bisa sejalan dengan Peraturan Presiden,” ujar dia.

Dikatakan, usulan tersebut sudah diajukan ke Presiden dan juga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada 12 Desember 2019 lalu.

Bagikan berita ini:
6
4
8
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar