Bili-bili Masih Aman

Sabtu, 4 Januari 2020 12:18

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Meski naik, tinggi muka air (TMA) Bendungan Bili-bili masih di bawah ambang normal. Tak perlu terlalu waswas.

MEMANG, hujan terus mengguyur Sulsel tiga hari terakhir. Bahkan diprediksi hingga seminggu. Situasi ini membuat TMA Bendungan Bili-bili sedikit naik. Namun, jangankan status waspada, status ambang normal pun belum sampai.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) Suparji mengatakan pihaknya terus memantau perkembangan volume dan ketinggian air. Sejauh ini, masih di bawah normal. Sehari sebelumnya, TMA masih di level 79,5 meter elevasinya.

“Pantauan kami per pukul 17.00 Wita, tingginya 80,39 meter. Itu masih jauh di bawah ambang normal 99,5 meter,” ungkap Suparji kepada FAJAR, Jumat, 3 Januari.

Pihaknya pun meminta masyarakat agar tenang dan tidak panik. Balai juga terus berkomunikasi dengan pihak BMKG. Terutama terkait prediksi cuaca dan curah hujan ke depan.

“Kekuatan bendungan Bili-bili juga dijamin aman. Tidak perlu khawatir dan jangan percaya berita tidak benar,” jelasnya.

Terdapat empat tingkatan status dari elevasi bendungan. Untuk status Normal pada TMA +99,50 meter, kemudian status Waspada +100 meter, status Siaga +101,60 meter, dan status Awas +103 meter.

“Sesuai SOP, tentu pada ketinggian tertentu pintu air akan dibuka nanti. Ini untuk mengurangi tekanan air pada bendungan,” bebernya.

Bagikan berita ini:
7
10
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar