Plafon Menara Masjid Al Aqsha Jebol

Plafon di lantai 1 Menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten yang jebol akibat resapan air hujan. Bupati sudah sidak di lokasi, kemarin pagi (3/1) (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

FAJAR.CO.ID,KLATEN-- Belum juga digunakan, menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten rusak. Plafon di lantai 1 jebol karena tak kuat menahan air hujan yang bocor. Kaca jendela di lantai 2 juga pecah. Diduga kerusakan akibat rembesan air hujan dari puncak menara melalui konstruksi lift.

Tahu bangunan menara setinggi 35 meter ini rusak, Bupati Klaten Sri Mulyani segera melakukan sidak, kemarin pagi (3/1). Mengecek sejumlah bagian yang rusak. Mulai dari lantai 1 hingga lantai 3. Saat sidak, lantai tepat di bawah plafon yang jebol tergenang air. Sangat licin.

“Kebocoran disebabkan karena cuaca ekstrem. Akan dilakukan perbaikan oleh rekanan karena ini masih tahap pemeliharaan untuk satu tahun ke depan. Segera diperbaiki dan disempurnakan. Termasuk kaca yang pecah,” jelas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Klaten Pramana Agus Wijanarka yang ikut rombongan sidak.

Perbaikan dimulai dari atap menara. Setelah perbaikan sekaligus penyempurnaan rampung dan diserahkan ke pemkab, bakal disiagakan petugas prawat menara. “Pembangunan menara secara keseluruhan selesai. Tapi masih tahap pemeliharaan sehingga perlu diperbaiki rekanan. Untuk operasional lift, kami tunggu perbaikan selesai,” bebernya.

Proyek menara dimulai 2015. Nilai kontraknya Rp 10 miliar. Dilanjutkan pada 2018 dengan nilai kontrak Rp 4 miliar. Pada 2019, kembali digelontor anggaran untuk finishing dengan nilai kontrak Rp 780 juta.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Edy Arsyad


Comment

Loading...