Preview Espanyol vs Barcelona: Rencana Buruk Sang Mantan

0 Komentar

Abelardo Fernandez / David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Espanyol tidak bisa dibandingkan dengan klub sekotanya, Barcelona. Tapi, ambisi Abelardo Fernandez tak boleh diremehkan Barca dalam derbi Catalan, dinihari nanti.

PASCA ditunjuk menggantikan Pablo Machin, dua pekan lalu, Abelardo harus memulai pekerjaannya dengan menghadapi Barca. Kalau melihat posisi di klasemen, ini jelas bukan laga bagus untuk memulai pekerjaan.

Saat ini, Barcelona adalah pemimpin klasemen La Liga. Lionel Messi dan kawan-kawan mengoleksi 39 poin di 18 laga awal musim ini. Sebaliknya, Espanyol terpuruk di dasar klasemen dengan hanya 10 poin.

Namun, Abelardo menegaskan ini tantangan baginya. Abelardo yang menyebut dirinya adalah seorang “masokis” pada presentasinya sebagai pelatih Espanyol mengatakan ia akan menyukai laga di RCDE Stadium ini meski jelas akan menderita.

“Tidak mudah untuk datang dan mengambil alih tim seperti Espanyol. Saya 100% berdedikasi untuk mengubah situasi ini. Mungkin saya sedikit masokis. Saya tidak tahu. Saya suka tantangannya,” tegas Abelardo di AP dikutip dari Washington Post.
 
Itu mungkin terdengar terlalu percaya diri. Tapi, Abelardo yang kini berusia 49 tahun memang telah menunjukkan bahwa ia dapat membawa tim yang tampaknya sudah rusak kemudian membentuknya kembali menjadi tim yang kompetitif.

Dia membantu Sporting Gijon promosi pada 2015. Ia juga mengambil alih Alaves di tengah musim 2017/2018 dan meloloskan mereka dari pertarungan degradasi. “Yang penting adalah memulihkan kepercayaan diri kita. Saya cukup beruntung bisa mengeluarkan Sporting dan Alaves dari situasi sulit,” ujarnya.

“Saya berjanji bahwa kita akan bersaing, bukan bahwa kita akan mendapatkan hasil. Luis Aragones (mantan pelatih Spanyol) mengatakan Anda harus menang, menang, menang, dan menang lagi, tetapi filosofi saya adalah bersaing, bersaing, bersaing, dan bersaing lagi,” lanjutnya.

Espanyol belum pernah mengalahkan Barcelona di La Liga sejak 2009. Saat itu, Espanyol dilatih Mauricio Pochettino secara mengejutkan menang 2-1 di Camp Nou. Sebuah kebetulan, posisi kedua klub waktu itu sama seperti sekarang.

Dan Abelardo yang merupakan salah satu legenda Barca yang bermain bersama Pep Guardiola dan Luis Figo antara 1994-2002 mengirim pesan untuk para penggemar mantan klubnya bahwa ia akan bertarung untuk menang. “Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mengalahkan mereka,” tandasnya.

Sudah menelan tiga kekalahan tandang musim ini, Pelatih Barca, Ernesto Valverde jelas tidak akan menganggap pernyataan Abelardo sebagai gertak sambal semata. Karena itu, sejak beberapa hari lalu ia sudah mengatakan bahwa mereka harus meningkatkan level di 2020 ini.

“Kami tidak memiliki keunggulan seperti yang telah kami lakukan dalam dua musim sebelumnya, tetapi kami berada dalam posisi yang baik. Ada hal-hal yang dapat kita tingkatkan, karena kita memiliki standar tinggi, dan ingin mempertahankannya,” jelasnya di MARCA.

Bek Barca, Jordi Alba juga menyuarakan komitmen untuk lebih siap bertarung di 2020. “Kami merasa baik, tetapi kami harus meningkatkan banyak hal untuk memenangkan semua trofi. (Untuk 2020), saya meminta untuk memenangkan semua trofi, seperti keinginan kita setiap tahun,” tegas Alba.

Lionel Messi, Luis Suarez dan Arturo Vidal yang sudah bergabung dalam latihan siap bermain. Sementara Ousmane Dembele, Arthur Melo, dan kiper Marc-Andre ter Stegen dipastikan absen. Di kubu tuan rumah, Sebastien Corchia, Matias Vargas, dan Victor Sanchez juga tak bisa bermain akibat cedera. Sedangkan Esteban Granero harus jadi penonton karena akumulasi kartu kuning. (amr)

Prakiraan Pemain
Espanyol (3-5-2): Diego Lopez; David Lopez, Calero, Espinosa; Roca; Gomez, Darder, Lozano, Vila; Campuzano, Calleri
Barcelona (4-3-3): Neto; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, Rakitic, De Jong; Messi, Griezmann, Suarez

Head to head

30/03/19 Barcelona 2-0 Espanyol

08/12/18 Espanyol 0-4 Barcelona

04/02/18 Espanyol 1-1 Barcelona

09/09/17 Barcelona 5-0 Espanyol

29/04/17 Espanyol 0-3 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Espanyol
22/12/19 Leganés 2-0 Espanyol

15/12/19 Espanyol 2-2 Real Betis

12/12/19 Espanyol 0-1 CSKA Moscow

07/12/19 Real Madrid 2-0 Espanyol

01/12/19 Espanyol 2-4 Osasuna

Lima pertandingan terakhir Barcelona

21/12/19 Barcelona 4-1 Alavés

18/12/19 Barcelona 0-0 Real Madrid

14/12/19 Real Sociedad 2-2 Barcelona

10/12/19 Inter Milan 1-2 Barcelona

07/12/19 Barcelona 5-2 Mallorca

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...