Unhas Sosialisasi Jalur Penerimaan Maba bagi Ketua OSIS dan Beasiswa Bidikmisi se-Sulsel

0 Komentar

Seleksi program pembinaan bakat kepemimpinan bagi ketua OSIS Tahun 2019.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –- Tahun ini, Bidang Kemahasiswaan Universita Hasanuddin (Unhas) kembali membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu program pembinaan bakat kepemimpinan bagi ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Artinya, sudah memasuki tahun kedua, sejak dibuka tahun 2019 lalu.

Program baru ini masuk dalam penerimaan jalur mandiri. “Pada pelaksaan pertamanya, telah terseleksi 24 Ketua OSIS yang tersebar di sekolah-sekolah Sulawesi Selatan (Sulsel),” jelas Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof Dr drg A Arsunan Arsin M.Kes .

Menurutnya, untuk menyukseskan program ini, bidang kemahasiswaan akan menyelenggarakan sosialisasi di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Di antaranya, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Barru, Pangkep, Maros, Sidrap, Pare-pare, Pinrang, Toraja Utara, Tator, Enrekang, Luwu, Palopo, Luwu Timur, Luwu Utara, dan Selayar.

Para tim sosialisasi diketahui akan mengunjungi sekolah-sekolah dan dinas pendidikan di lokasi terkait. Rencananya, mereka akan memulai kunjungan pada 3-21 Februari 2020.

Dalam kunjungannya, pihak kemahasiswaan akan menyampaikan beberapa informasi terkait penyelenggaraan program pembinaan bakat kepemimpinan bagi Ketua OSIS.

“Mulai soal latar belakang program, syarat dan ketentuan pendaftaran, tahap registrasi, poin penilaian, hingga program studi yang dapat dipilih calon pendaftar,” sebut Kak Cunan, panggilan akrab Arsunan Arsin.

Dikatakan Arsunan, program ini bertujuan untuk menghasilkan insan cendekia berkarakter, dan memiliki bakat kepemimpinan yang mampu mengatasi permasalahan yang semakin kompleks.

“Dibutuhkan pengembangan kepemimpinan di kalangan mahasiswa, maka Unhas membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur program pembinaan bakat kepemimpinan bagi Ketua OSIS 2020,” ungkap Arsunan.

Sosialisasi Beasiswa Bidikmisi

Sementara itu, Arsunan juga menyebutkan, selain sosialisasi jalur penerimaan mahasiswa baru bagi Ketua OSIS, bidang kemahasiswaan juga akan mengunjungi beberapa sekolah dalam menyampaikan informasi beasiswa bidikmisi.

“Lebih dahulu daripada sosialisasi penerimaan mahasiswa baru jalur Ketua OSIS. Sosialisasi beasiswa Bidikmisi akan mulai dilaksanakan pada 6-24 Januari 2020 di 24 kota/kabupaten di Sulsel,” terang Arsunan.

Piha kemahasiswaan akan menyampaikan pelbagai informasi mengenai beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan dari pemerintah yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Mulai dari prosedur pendaftaran, syarat dan ketentuan, dan informasi lainnya.

Arsunan menambahkan, dengan sosialisasi beasiswa dan jalur masuk Unhas melalui Ketua OSIS ini, diharapkan dapat menambah antusias para siswa untuk melanjutkan pendidikan di Unhas. (lis)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...