Bencana Banjir Jakarta, Megawati Soekarnoputri: Tanya Pak Anies Sana


FAJAR.CO.ID, TOKYO – Ketua Umum PDI Perjuangan enggan mengomentari penanganan banjir di DKI Jakarta.

“Tanya Pak Anies (Gubernur DKI Anies Baswedan, red) sana,” ujar Megawati usai menghadiri jamuan makan siang Soka Gakkai International (SGI) di Tokyo, Jepang, Senin (6/1).

Namun, Megawati yang tengah berada di Tokyo dalam rangka menerima gelar doktor kehormatan (Dr HC) itu menegaskan, semestinya pemerintah memahami potensi bencana di ibu kota RI tersebut.

Presiden Kelima RI itu mengaku sudah berkali-kali mengingatkan soal itu. Oleh karena itu Megawati saat memimpin pemerintahan pada periode 2001-2004 menjadikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiaika (BMKG) sebagai institusi tersendiri di bawah presiden. Tujuannya adalah agar Indonesia lebih peduli terhadap potensi bencana.

Megawati lantas mencontohkan Jepang yang warganya selalu waspada dan peduli terhadap bencana yang bisa datang kapan saja. Menurutnya, hal itu penting demi meminalkan potensi korban jiwa.

“Di Jepang anak-anak TK diajari cara kalau ada bencana harus bagaimana. Bagaimana mau menolong orang kalau menolong diri sendiri saja bingung,” ujarnya.

Apakah Megawati ada arahan untuk pemerintah dalam rangka menangani bencana? Putri Proklamator RI itu hanya menjawab singkat.

“Memangnya saya siapa, orang sudah ada pemerintahan,” pungkasnya. (jpnn/fajar)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...