Empang Meluap, Bandara Halim Perdanakusuma Banjir

0 Komentar

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Dok. JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Bandara Halim Perdanakusuma sempat terendam banjir di hari pertama Tahun Baru 2020. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa penyebab genangan tersebut adalah karena empang yang meluap.

“Di Halim itu ada empang yang akan diperlebar dari 20 ribu meterkubik dan akan diperlebar jadi 50 ribu meterkubik. Sekarang dangkal 2 meter, kita mau jadikan 5 meter,” katanya di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Senin (6/1).

Ia mengatakan bahwa hal itu akan dirampungkan segera mungkin agar hal tersebut tidak terjadi kembali. Apalagi, intensitas curah hujan saat ini sedang tinggi.

Basuki juga telah meminta Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) untuk menindaklanjuti kawasan-kawasan yang terkena banjir. “Satu per satu kita minta untuk ditindaklanjuti sampai yang kecil-kecil,” kata dia.

Sebelumnya, hujan lebat pada malam Tahun Baru membuat landasan Bandara Halim Perdanakusuma tergenang setinggi 30 sentimeter. Hal ini membuat aktivitas penerbangan di sana terpaksa ditutup dan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...