Kembali Hadir di Ramah Tamah HAB 74, Nurdin Abdullah Apresiasi Kerja Kemenag Sulsel

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah, kembali hadir dalam acara Ramah Tamah yang menjadi penutup rangkaian Kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Tingkat Kemenag Sulsel, Ahad, 5 Januari 2020.

Sebelumnya, Prof. Nurdin menjadi Irup pada Upacara Puncak Peringatan HAB Kementerian Agama ke-74 Tahun 2020 tanggal 3 januari lalu dan Melepas Peserta Gerak Jalan Santai Kerukunan di Lapangan Karebosi, pada Sabtu, 4 januari 2020.

Nurdin Abdullah dalam arahannya, sangat mengapresiasi kerja bersama keluarga besar Kementerian Agama Sulsel atas pencapaian prestasinya selama ini. Utamanya terkait Indeks Kerukunan Umat Beragama yang memperoleh nilai tinggi di Sulsel.

“Kerukunan antar umat ini penting karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah kita” ucapnya.

Karena itu, Ia mengimbau kepada seluruh pemerintah dan jajarannya agar menjadikan Kemenag sebagai mitra strategis.

“Jangan Kemenag hanya dipanggil dan diperhatikan jelang Pilkada, tapi harus membangun harmonisasi, sinergitas, dan komunikasi yang baik,” sebutnya.

Gubernur juga menyebutkan bahwa momen bersama keluarga besar Kementerian Agama se Sulsel ini sangat spesial dan menjadi berkah tersendiri baginya.

Ia juga menyampaikan pesan buat warga Kemenag Sulsel, bahwa tidak lama lagi ada 12 daerah yg akan melaksanakan Pilkada, olehnya itu berharap Kemenag bisa menjadi corong bagi umat agar menghindari praktek money politic atau politik uang.

“Jadilah pencerah dan pelopor terkait kerukunan dan kedamaian di wilayah kerjanya masing-masing,” sebutnya.

Rakyat Sulsel butuh pemimpin yang peduli, bukan pemimpin yang menghabiskan periode dengan balas dendam dan balas jasa, tambahnya.

Pesan lainnya, yakni terkait saling menghargai, tidak saling menghujat dan mencaci-maki, serta saling menjaga kerukunan dan kedamaian antar sesama umat beragama. Hal ini, kata dia, dilakukan agar mimpi-mimpi besar untuk kemajuan daerah dan rakyat akan dapat diwujudkan dan kehadiran Kemenag untuk mewujudkan hal tersebut.

Terkait banyaknya bencana alam, Gubernur juga secara khusus meminta jajaran Kemenag mengintensifkan penyuluhan melalui pendekatan agama kepada masyarakat agar lebih menghargai dan mencintai alam.

Diakhir sambutannya, Gubernur mengharapkan Kemenag Sulsel agar membantu pemerintah untuk mewujudkan Sulsel menjadi barometer pilkada teraman di Indonesia.

Sementara, dalam Sambutannya Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar menyampaikan kesyukurannya atas Hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama yang dirilis baru baru ini dimana menyebutkan bahwa untuk Prov. Sulsel pencapaiannya 75,70 persen, hasilnya berada diatas rata rata Nasional yakni 73,83 Persen.

Anwar Abubakar juga menginformasikan bahwa Sulsel tahun ini memperoleh satu unit Gedung Pusat Layanan Informasi Haji dan 15 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di sejumlah kabupaten/kota, “Semoga di tahun berikutnya bisa lebih bertambah lagi, sehingga layanan kita bisa lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag Sulsel atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini sehingga mampu meraih sejumlah prestasi tingkat nasional.

“Kepada Bapak Gubernur serta jajaran pimpinan daerah kabupaten kota di Sulsel, Forkopimda dan seluruh mitra kerja Kemenag, kami secara khusus menghaturkan terima kasih atas sinergitas yang terjalin baik selama ini, sehingga program Kemenag berjalan dengan baik dan sukses, semoga kerjasama ini lebih dipererat dan ditingkatkan,” Ungkap Anwar.

Acara Ramah Tamah HAB Ke-74 ini juga diisi dengan penyerahan penghargaan khusus kepada insan dan Satker Kementerian Agama yang telah mengharumkan nama Sulsel di Kancah Nasional dengan torehan sejumlah prestasi bergengsi, serta penyerahan Piala, Piagam dan hadiah kepada seluruh pemenang Lomba dan pertandingan pada Porseni menyambut Hari jadi Kemenag tingkat provinsi.

Acara silaturrahmi jajaran keluarga besar Kemenag Se-Sulsel ini selain dihadiri oleh Gubernur, juga tampak hadir Anggota DPR RI Komisi HM Aras, Kapolda Sulsel, Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel, para Pimpinan Forkopimda Sulsel, para pimpinan ormas keagamaan dan wali agama-agama, UIN Alauddin Makassar, Kepala Balai Diklat dan Litbang Keagamaan, Para pejabat eselin III dan IV lungkup kanwil, kepala UPT Asrama Haji Sudiang, para purnabhakti Kemenag Sulsel, Kakankemenag kabupaten/kota beserta jajarannya, pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag se Sulsel. Kegiatan ini dihadiri 1.500 hadirin. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...