Masalah Serius Barcelona: Pertahanan Sangat Keropos

0 Komentar

Ekspresi kecewa Ernesto Valverde di bench Barcelona/AFP

FAJAR.CO.ID, BARCELONA—Paruh pertama La Liga Santander berakhir dengan Barcelona dinobatkan sebagai juara musim dingin. Raksasa Catalan yang punya poin 40 sebenarnya memiliki koleksi poin sama dengan Real Madrid, namun mereka unggul selisih gol atas sang musuh bebuyutan.

Namun, posisi Barca di puncak sama sekali tidak meyakinkan. Sejumlah masalah masih terlihat, dan Ernesto Valverde bisa saja mengulang catatan buruk pelatih Barcelona sebelumnya, Frank Rijkaard. Beberapa musim lalu, Rijkaard bersama Barca juga adalah juara musim dingin di musim ketiganya tetapi pada akhirnya gagal juara.

Sejak kekalahan besar di Roma dan Liverpool, memang muncul banyak pertanyaan terkait kualitas Ernesto Valverde dan skuatnya. Dan saat ini ada sejumlah masalah serius yang mereka alami, terutama di sektor pertahan.

Berikut ulasan yang dikutip dari MARCA terkait masalah besar Barca musim ini.

Keroposnya Pertahanan

Bahkan tidak ada satu pun kiper terbaik dunia yang bisa mengatasi masalah mereka di belakang. Mereka telah kebobolan 23 gol dalam 19 pertandingan La Liga. Itu catatan kebobolan terburuk sejak 2003/2004. Barca kebobolan hampir dua kali lipat dari catatan Real Madrid dan Atletico Madrid (12), lebih buruk daripada Athletic Bilbao (13), Sevilla (18) dan bahkan Getafe (20).

Masalah Away

Dari sepuluh laga tandang, mereka hanya berhasil meraih 15 poin setelah kalah tiga kali dan imbang tiga kali. Padahal mereka belum mengunjungi Estadio Santiago Bernabeu (Real Madrid), Mestalla (Valencia) atau Estadio Ramon Sanchez Pizjuan (Sevilla).

Bangkit Kembali dan Tergelincir

Pada tiga kesempatan musim ini Barcelona tertinggal, kembali memimpin dan kemudian membuang dua poin dengan hasil imbang, dan derby Catalan melawan Espanyol hanyalah contoh terbaru dimana mereka hanya bermain imbang 2-2.

Poin Menurun

40 poin mereka pada titik ini adalah jumlah terburuk sejak musim 2007/2008, ketika Real Madrid memenangkan gelar. Bahkan Tata Martino sudah berhasil mengumpulkan 44 poin pada tahap ini saat itu.

Perubahan di Lini Tengah

Valverde belum menemukan formula yang tepat di tengah lapangan. Sergio Busquets tidak berada di puncaknya lagi, sedang Arthur Melo kehilangan banyak pertandingan akibat cedera. Arturo Vidal adalah salah satu pemain yang paling konsisten, tetapi dia lebih sering duduk manis di bangku cadangan.

Trisula MSG

Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann mempesona di kandang tetapi mereka berjuang keras dalam laga away. Mereka total sudah mencetak 31 gol – Messi (13), Suarez (11) dan Griezmann (7) – tetapi jika mereka tidak mencetak gol maka perjuangan Barcelona memenangkan laga akan sangat berat. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...