Fakultas Keperawatan Unhas, Raih Prestasi Bersamaan Perolehan Akreditasi A

Dr. Aryanti Saleh, S.Kep, M.Si

FAJAR.CO.ID -- Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin mencatatkan prestasi membanggakan pada tahun 2019 lalu. Pada waktu hampir bersamaan, program studi Ilmu Keperawatan berhasil memperoleh akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dan akreditasi internasional dari Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN).

Keberhasilan meraih akreditasi pada waktu bersamaan untuk dua level akreditasi yang berbeda ini merupakan capaian yang terbilang istimewa. FKep merupakan fakultas paling muda di Unhas, yang baru terbentuk pada September 2017. Sebelumnya, fakultas ini adalah Program Studi di bawah Fakultas Kedokteran.

Sejak awal berdiri sendiri, Fakultas Keperawatan dipimpin Dr Ariyanti Saleh SKp MSi sebagai Dekan. Lembaga ini mengemban visi untuk menjadi fakultas yang berkontribusi mencerdaskan keilmuan keperawatan secara khusus dan meningkatkan pelayanan kesehatan secara umum melalui penyediaan sarana dan prasarana terbaik.

Untuk mendukung dalam peningkatan sarana dan prasarana tersebut, banyak upaya yang dilakukan. Salah satunya dengan meningkatkan mutu pelayanan akademik melalui akreditasi.

Pada kesempatan wawancara, Dr Ariyanti mengatakan bahwa sebagai fakultas yang paling muda, dirinya menghadapi tantangan bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, sarana dan prasarana, dan pendanaan yang tersedia. Momentum menghadapi akreditasi dijadikan sebagai pendorong untuk menguji soliditas dan sinergi diantara elemen-elemen yang ada.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...