Imam Jamaica Moeslem Center Amerika Hadiri Kuliah Tamu Pascasarjana IAIM Sinjai

0 Komentar

FOTO: SIRAJUDDIN/FAJAR

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Imam Jamaica Moeslem Center New York, Amerika, Imam Shamsi Ali menghadiri kegiatan kuliah tamu Pascsarjana IAIM Sinjai. Kegiatan ini berlangsung di Auditorium HM Amir Said, Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai, Selasa (7/1/2020).

Dalam forum tersebut, putra asal Kajang, Kabupaten Bulukumba ini menceritakan tentang kondisi membangun peradaban Islam di Amerika.

“Di sana (Amerika), ada yang berusaha membangun persepsi bahwa Islam adalah agama yang baru sehingga tidak bisa berbuat apa-apa karena belum memiliki apa-apa. Padahal Islam bukan agama yang baru di sana,” ujarnya.

Bahkan, persepsi tentang terorisme selalu dihubungkan dengan Islam. Apalagi berbagai peristiwa kekerasan selalu Islam yang jadi sorotan. “Ini yang menjadi tantangan kita. Akan tetapi saya yakin semakin ditekan dan dihalangi maka akan terus berkembang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya membentuk forum belajar Islam. Pesertanya dari pemeluk agama non-Islam. Dari forum tersebut, Imam Shamsi Ali berhasil memberikan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang baik, sopan, dan damai.

“Cara yang efektif berdakwah harus melalui keteledanan. Mereka selalu mencela nabi kita (Muhammad), tetapi kami balas dengan sopan, tidak dengan keras dan karena itu mereka memeluk Islam,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIM Sinjai, Dr Firdaus, Ketua Badan Pembina Harian IAIM Sinjai, Zainuddin Fatbang, para dosen dan mahasiswa IAIM Sinjai. (sir)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...