Komjen Gatot Eddy Pramono Jabat Wakapolri, Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono resmi naik jabatan sebagai Wakapolri. Ia memggantikan Komjen (Purn) Pol Ari Dono Sukmanto yang sudah memasuki masa pensiun pada Desember 2019 lalu.

Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Dilaksanakan di gedung Bareskrim Polri, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (7/1). Dihadiri oleh sejumlah pejabat utama Mabes Polri. Dalam upacara ini juga dilakukan sertijab jabatan Kapolda Metro Jaya dari Gatot kepada Irjen Pol Nana Sujana yang sebelumnya menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebagai penerus Nana, Idham Azis menunjuk Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir.

Selanjutnya sertijab juga dilakukan dari Tomsi kepada penerusnya Irjen Pol Agung Sabar. Agung meninggalkan jabatan lamanya sebagai Asrena Kapolri. Jabatan tersebut kemudian akan diisi oleh Brigjen Pol Hendro Sugiatno yang sebelumnya bertugas sebagai Karorenmin Bareskrim Polri.

Sertijab 5 jabatan strategi polri ini diawali dengan penyerahan tongkat komando dan penyematan tanda jabatan dari Kapolri. Kemudian dilanjut dengan pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya sebagai prajurit Bhayangkara akan menjungjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetia dalam tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara” ucap Idham diikuti 5 Pati Polri yang melakukan sertijab di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa (6/1).

Diketahui, sertijab ini berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/3330/XII/KEP/2019 tertanggal 20 Desember 2019, jabatan kedua tertinggi di Korps Bhayangkara resmi berpindah. Idham juga menggeser beberapa posisi Kapolda.

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun. Sebagai penggantinya, Idham mempromosikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Argo Yuwono membenarkan rotasi ini. “Ya benar, TR Wakapolri sudah keluar. Ada juga TR beberapa Kapolda,” kata Argo saat dikonfirmasi JawaPos.com, Jumat (20/12).

Dalam Surat Telegram lainnya dengan Nomor ST/3331/XII/KEP/2019 dengan tanggal yang sama, Idham menunjuk Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Nana Sujana sebagai pengganti Gatot. Kemudian Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir dipilih untuk meneruskan tongkat kepemimpinan di Polda NTB. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...