Angkat Pamor Buah Lokal, Pemkab Banjar Konteskan Ratusan Varietas Durian


FAJAR.CO.ID, BANJAR – Kabupaten Banjar dikenal memiliki sumber daya genetik buah lokal yang melimpah, diantaranya jeruk, durian, rambutan, nenas hingga manggis. Guna mengangkat pamor durian lokal serta mendukung pengembangan agrowisata, Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Festival Durian 2020 di Danau Tamiyang Desa Mandikapau Barat Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar.

Pembukaan acara festival dihadiri Bupati Banjar, Staf Ahli Gubernur Kalsel serta Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian (8/1). Sebanyak 125 jenis durian lokal, buah eksotik dan aneka makanan olahan asal durian dipamerkan dalam festival tahunan tersebut.

Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, menyebut festival buah di daerahnya sengaja digelar untuk mempromosikan keunggulan buah-buahan lokal Banjar. “Banjar adalah pusat durian terbesar di Kalimantan Selatan. Melalui festival durian ke-4 ini kita ingin angkat buah lokal sekaligus memotivasi petani lebih semangat berbudidaya buah-buahan. Kalau mau cari Durian unggul, silakan datang ke Banjar,” kata Khalil, sapaan akrabnya.

“Ini bagian dari cara kita mewujudkan Banjar yang Sejahtera dan Barokah,” tambahnya.

Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian, Liferdi Lukman menyambut positif upaya Pemkab Banjar mengangkat kekayaan buah-buahan eksotis dan durian lokal.

“Durian, rambutan dan manggis adalah buah asli Indonesia. Di belahan dunia manapun, namanya tetap itu juga. Kalimantan khususnya Banjar adalah pusatnya. Kita harus bersyukur Banjar dianugerahi kekayaan sumber daya genetik,” ujar Liferdi.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR