Hutan Pulau Rupat di Provinsi Riau Terbakar

Rabu, 8 Januari 2020 11:18

Asap tebal berasal dari hutan yang terbakar di Kecamatan Pulau Rupat Selatan Bengkalis terlihat dari Kota Dumai, Riau. F...

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali melanda Pulau Rupat, daerah pesisir Provinsi Riau.

Kebakaran di Pulau Rupat terpantau sejak dua hari terakhir, dan pada Selasa asapnya masih terlihat membumbung ke udara hingga terlihat dari Kota Dumai.

“Asap karhutla di Rupat sudah dua hari ini terlihat jelas dari daerah pelabuhan di Dumai,” kata warga Kota Dumai, Aswadi (40).

Pulau Rupat meski berada di Kabupaten Bengkalis namun lebih dekat ke Kota Dumai hanya dibatasi selat. Jarak Rupat ke Dumai sekitar 10 mil atau sekitar 16 kilometer, dan bisa dijangkau dengan transportasi Kapal Roro sekitar 30 hingga 45 menit.

“Sudah beberapa hari tidak turun hujan, setiap tahun pasti pada awal Januari hingga Februari di Pulau Rupat selalu dilanda karhutla,” tambahnya.

Pada tahun 2019, kebakaran di Pulau Rupat cukup luas hingga lebih dari 2.000 hektare yang mulai terjadi pada awal tahun dan mencapai puncaknya di bulan Februari-Maret.

Bagikan berita ini:
7
10
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar