Iuran BPJS Naik, Segini Jumlah Warga Bone yang Turun Kelas

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Naiknya iuran BPJS Kesehatan begitu berdampak di Bumi Arung Palakka, Bone. Ada banyak warga yang melakukan penurunan kelas.

Berdasarkan data BPJS per Desember 2019 sudah ada 642 KK yang turun ke kelas 3. Baik itu dari kelas 1, ataupun kelas 2. “Kita belum detilkan berapa dari kelas 1 dan 2 yang turun. Itu masih berdasarkan nomor antrean jenis pelayanan,” ucap Kepala Cabang BPJS Bone, Hartono Purba, Rabu (8/1/2019).

Kata dia, penurunan kelas itu imbas dari naiknya iuran. Bagi yang ingin turun kelas masih ada waktu, ini dimulai dari 9 Desember sampai 30 April. “Walau kepesertaannya belum satu tahun itu juga boleh pindah kelas. Kemudian yang masih menunggak pun boleh turun kelas, dan status non aktif boleh turun kelas,” bebernya.

Hartono juga menambahkan, untuk fasilitas layanan kelas 3 di rumah sakit tetap sama. Hanya saja, mungkin dari BPJS ada program peningkatan pelayanan. Salah satunya integrasi sistem antrean mulai dari Puskesmas ke rumah sakit secara online.

“Di aplikasi Mobile JKN sudah ada fiturnya. Ini baru pengembangan dengan rumah sakit. Kalau kita sudah siap,” tambahnya. (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...