Kemungkinan Perang Dunia III atas Konflik Iran–AS, Ini Kesimpulan Laboratorium HI Unhas

Laboratorium HI Unhas

FAJAR.CO.ID -- Hubungan Amerika Serikat dan Iran sedang berada pada titik yang buruk. Hal itu menyusul aksi sepihak Washington yang menyerang dan menewaskan panglima paling berpengaruh di Iran, Jenderal Qassim Soleimani.

Aksi serangan pesawat tanpa awak di Bandara Baghdad, Irak, pada Jumat (3/1/2020) lalu telah membawa dampak signifikan. Bukan saja bagi hubungan kedua negara, namun juga bagi konstalasi politik dan hubungan internasional.

Menyikapi fenomena ini, Laboratorium Ilmu Hubungan Internasional FISIP Unhas menggelar diskusi tematik untuk membahas fenomena tersebut, Rabu (8/1/2020). Diskusi yang berlangsung sejak pukul 10.00 Wita ini dihadiri oleh dosen-dosen HI Unhas dan beberapa mahasiswa.

Sekretaris Departemen HI Unhas, Muhammad Ashry Sallatu, menjelaskan bahwa diskusi tematik ini bertujuan untuk memahami apa sebenarnya situasi yang terjadi di Timur Tengah, khususnya di Iran.

“Kita menerima banyak sekali serpihan informasi dari media massa. Serpihan-serpihan ini adalah keping-keping puzzle. Lab HI merasa perlu untuk membuat peta gambar besarnya, sehingga kita dapat memahami situasi sebenarnya dan kecenderungan yang akan terjadi pada masa mendatang,” kata Ashry.

Diskusi tematik ini diawali dengan pemaparan pemantik oleh Pusparida Syahdan. Dosen Sistem Politik dan Politik Luar Negeri Amerika ini menjelaskan karakter kepemimpinan di Amerika Serikat, khususnya kebijakan Presiden Donald Trump.

“Donald Trump memiliki tiga visi kepemimpinan sebagai Presiden Amerika, yaitu isolasionis, unilateralis, dan transaksionalis. Sejak menjadi presiden, Trump menganulir hampir seluruh kebijakan presiden sebelumnya, Barrack Obama, yang dikenal multilateralis. Ini termasuk mengubah drastis kebijakan Amerika terhadap Iran. Trump bahkan menarik diri secara sepihak dari perjanjian nuklir Iran yang digagas oleh Obama,” kata Puspa.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam


Comment

Loading...