OTT Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Gebrakan Pertama Firli Bahuri Cs

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Tim penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa (7/1) malam. Operasi senyap itu turut mengamankan Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Ketua KPK, Firli Bahuri menyampaikan, operasi senyap itu dilakukan terkait dugaan kasus pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan, belasan orang turut diperiksa di Mapolda Jatim pada Selasa (7/1) malam.

“Terkait pengadaan barang dan jasa. Belasan orang telah dimintai keterangan di Mapolda Jatim,” kata Firli dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar menuturkan, hingga kini Saiful masih dalam perjalanan menuju Gedung KPK, Jakarta. Menurut informasi, Saiful keluar selesai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim sekitar pukul 04.30 WIB, Rabu (8/1).

“Masih dalam perjalanan menuju Jakarta,” ucap Lili.

Kendati demikian, mantan Wakil Ketua LPSK ini belum mau menjelaskan secara rinci siapa saja yang turut diamankan dalam operasi senyap tersebut. Termasuk barang bukti yang turut diamankan.

“Nanti siang, Rabu (8/1) lebih jelas saat konferensi pers, sekitar pukul 14.00 WIB,” terang Lili.

Untuk diketahui, OTT ini merupakan kali pertama pada 2020 dan pertama kali dilakukan KPK di era kepemimpinan Firli Bahuri. Sebelumnya sempat diragukan adanya revisi UU KPK dan dibentuknya Dewan Pengawas lembaga antirasuah, KPK tidak lagi bisa melakukan OTT. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...