Preview Valencia vs Madrid: Jatah Jovic

0 Komentar

Luka Jovic punya momentum unjuk gigi di Piala Super Spanyol/Burak Akbulut/Anadolu Agency via Getty Images

FAJAR.CO.ID, JEDDAH—Real Madrid akan menghadapi Valencia dalam laga semifinal Piala Super Spanyol, dinihari nanti. Pertandingan ini bisa menjadi momentum Luka Jovic untuk unjuk gigi.

SEJAK dibeli musim panas lalu, penyerang 22 tahun tersebut memang belum bisa menunjukkan ketajamannya seperti yang ia lakukan di klub sebelumnya, Eintracht Frankfurt. Dari total 15 pertandingan yang sudah ia mainkan bersama El Real, Jovic baru menyumbang sebiji gol.

Seretnya gol penyerang berpostur 184 cm itu tak lepas dari minimnya menit bermain yang ia dapatkan. Sebagai pelapis Karim Benzema, pemain timnas Serbia itu baru bermain 432 menit dengan empat kesempatan sebagai starter.

Karena Benzema, Eden Hazard, dan Gareth Bale akan absen di Stadion King Abdullah, Jeddah, peluang Jovic untuk turun sejak menit awal sangat terbuka. Dan jatah bermain tersebut jelas tidak boleh dilewatkan Jovic yang awalnya digadang-gadang jadi predator baru Real.

Dari 23 anggota skuat Madrid yang diboyong ke Arab Saudi, Jovic memang satu-satunya ujung tombak yang siap bermain. Zidane sebenarnya juga menyertakan Mariano Diaz. Namun, ia belum pernah bermain musim ini. Sedangkan Rodrygo, Vinicius Junior, dan Brahim Diaz berposisi winger.

Kontribusi besar Jovic dibutuhkan Zidane karena ia menganggap lawan di Piala Super Spanyol ini cukup berat. Valencia seperti diketahui berhasil mengimbangi Madrid di La Liga sebelum libur Natal. Madrid bahkan butuh gol injury time Benzema untuk selamat dari kekalahan.

Jika bisa melewati adangan Valencia, Madrid sudah ditunggu pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan Barcelona dan Atletico Madrid. “Keempat tim yang terlibat adalah favorit untuk trofi,” tegas Zidane di situs resmi Madrid.

Bek Madrid, Dani Carvajal berpendapat senada. “Ini kompetisi yang berbeda dan kami akan melakukannya dengan penuh semangat. Kami akan memasuki pertandingan melawan Valencia, yang akan membuat hidup kami sulit, tetapi kami akan mencoba dan mengangkat trofi,” ujar Carvajal.

Madrid terbang ke Arab Saudi berbekal kemenangan 3-0 atas Getafe di laga awal 2020. Raphael Varane menyebut, hasil itu memberi kepercayaan diri lebih untuk bertarung di Piala Super Spanyol. “Kami berharap dapat melanjutkannya. Kami akan memberikan segala yang kami miliki untuk memenangkan trofi pertama tahun ini,” kata bek Prancis tersebut.
  
Tapi, bukan hanya Madrid yang ke Jeddah dengan bekal positif. Sang lawan, Valencia juga memenangi laga kontra Eibar sebelum bertolak ke Arab Saudi. Dan seperti Madrid, Pelatih Valencia, Albert Celades mengklaim pasukannya punya motivasi besar di ajang ini.

“Obat terbaik untuk menghadapi pertandingan berikutnya adalah memenangkan yang sebelumnya. Kita telah mencapai tujuan kami, dan sekarang untuk menghadapi Piala Super dengan cara terbaik, kita termotivasi,” kata Celades di Deporte Valenciano.

Sayangnya, seperti hanya optimisme Madrid, Kelelawar Mestalla dirundung badai cedera. Cristiano Piccini, Goncalo Guedes, Rodrigo Moreno dan Kang-in Lee dipastikan absen. Kehilangan terbesar El Che tentu adalah sang bomber utama, Rodrigo Moreno.

Sebelum laga ini, Valencia tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir mereka di La Liga dan sudah lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Madrid sementara itu tak terkalahkan dalam sepuluh pertandingan La Liga dan juga akan bermain di fase knockout Liga Champions. (amr)


Prakiraan Pemain

Valencia (4-4-2): Domenech; Wass, Gabriel, Diakhaby, Gaya; Ferran, Parejo, Coquelin, Soler; Gameiro, Gomez.
Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Varane, Ramos, Mendy; Casemiro, Valverde, Kroos; Rodrigo, Jovic, Isco

Head to head

12/15/19 Valencia 1-1 Real Madrid
04/04/19 Valencia 2-1 Real Madrid
12/01/18 Real Madrid 2-0 Valencia
01/27/18 Valencia 1-4 Real Madrid
08/27/17 Real Madrid 2-2 Valencia
04/29/17 Real Madrid 2-1 Valencia

Lima pertandingan terakhir Valencia
04/01/20 Valencia 1-0 Eibar
21/12/19 Real Valladolid 1-1 Valencia
15/12/19 Valencia 1-1 Real Madrid
10/12/19 Ajax 0-1 Valencia
07/12/19 Levante 2-4 Valencia

Lima pertandingan terakhir Real Madrid

04/01/20 Getafe 0-3 Real Madrid

22/12/19 Real Madrid 0-0 Athletic Bilbao
18/12/19 Barcelona 0-0 Real Madrid
15/12/19 Valencia 1-1 Real Madrid

11/12/19 Club Brugge 1-3 Real Madrid

STATISTIK LUKA JOVIC

Main: 15

Menit bermain: 432 menit

Gol: 1

Assist: 0

Tembakan per laga: 1

Akurasi passing: 76,5%

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...