Foto Satelit Memperlihatkan Kehancuran Pangkalan Udara AS, Korban Dibawa ke Israel

0 Komentar

foto: iranpress

FAJAR.CO.ID, BAGHDAD — Pascaserangan rudal Pengawal Revolusi Islam Iran ke Pangkalan Udara AS di Ain al-Assad, Irak, foto-foto satelit yang memperlihatkan kerusakan bangunan beredar.

Dilansir iranpress, Kamis, 9 Januari, foto-foto satelit yang diambil hari Rabu menunjukkan bahwa serangan rudal Iran telah menyebabkan kerusakan luas di pangkalan udara AS Ain al-Assad di Irak.

Foto-foto itu memperlihatkan hanggar dan bangunan yang dihantam oleh rentetan rudal Iran, yang ditembakkan Rabu pagi waktu setempat.

Sebuah foto satelit dari perusahaan komersial Planet menunjukkan, kerusakan terjadi pada setidaknya lima struktur di pangkalan udara Ain al-Assad AS di Irak. Hantaman rudal iran cukup terarah badan bangunan itu.

“Beberapa lokasi terlihat seperti rudal menghantam pusat mati,” kata David Schmerler, seorang analis gambar satelit.

Serangan IRGC itu dilakukan sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak AS beberapa hari sebelumnya yang menewaskan salah satu Jenderal top Iran, mantan Komandan Pasukan Quds elit IRGC, Letnan Jenderal Qasem Soleimani.

Pemimpin Revolusi Islam Ayatullah Sayyid Ali Khamenei menggambarkan serangan itu sebagai “tamparan di wajah” sementara Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyebutnya sebagai “tindakan proporsional untuk membela diri”.

Tak lama setelah serangan itu, Presiden AS Donald Trump mengklaim dalam tweet: “Semua baik-baik saja!”

Pada bagian lain, saluran televisi Irak, Etejah juga mengungkapkan aspek-aspek lain dari korban militer AS di pangkalan udara AS.

Mereka mengutip sumber-sumber mengenai sejauh mana korban pasukan AS di pangkalan Ain al-Assad di Irak. Laporan televisi itu mengatakan bahwa rudal Iran telah menghancurkan banyak pangkalan itu, termasuk radar, dan landasan pacu utama.

“Beberapa rudal juga menghantam aula masuk, yang merupakan pusat pertemuan tentara AS, membunuh dan melukai banyak dari mereka. Beberapa helikopter Apache dan jet tempur Amerika juga rusak dalam serangan rudal,” kata saluran televisi Irak.

Etejah juga mengatakan bahwa beberapa ledakan terdengar dari dalam pangkalan Ain al-Assad AS. Ledakan itu diduga terjadi disebabkan kebakaran pada depot amunisi pesawat AS.

Mengenai jumlah korban, Wartawan Israel Jack Khoury menulis dalam tweet pada hari Rabu: “Menurut laporan yang diterima oleh Haaretz, sebuah pesawat AS yang membawa tentara Amerika yang terluka oleh serangan rudal Iran di Pangkalan Udara Ain Assad mendarat di Tel Aviv beberapa jam yang lalu. berdasarkan sumber informasi, 224 tentara yang terluka dibawa ke Rumah Sakit Pusat Medis Sourasky Tel Aviv.” (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...