Hasil Panen Kediri dan Blitar Kawal Stabilitas Pasokan Cabai Rawit


FAJAR.CO.ID, KEDIRI – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menugaskan Direktorat Jenderal Hortikultura memastikan ketersediaan pasokan bawang Merah dan cabai di awal musim penghujan utamanya bulan Januari hingga Maret tetap aman.

Diharapkan, masyarakat dan konsumen luas mendapatkan kepastian dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga maupun keberlanjutan skala usahanya.

Plt Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Sukarman menyampaikan secara tegas hasil monitoring dan pantauan lapang kepada awak media bahwa di empat titik lokasi Kecamatan berbeda yaitu Kecamatan Pagu dan Ploso klaten, Kabupaten Kediri serta Kecamatan Talun dan Udan Awu Kabupaten Blitar terpantau aman.

Ketua Satgas Pangan Kab. Kediri Tuti beserta salah seorang koordinator paguyuban champion Cabai Kab. Kediri Yono juga menyampaikan hal senada bahwa pasokan Cabai pasar induk Pare Kediri masih stabil walau permintaan dari berbagai daerah terus meningkat karena cabai Sulawesi mulai masuk menambah ketersediaan.

“Secara kumulatif terdapat terdapat lahan siap panen sekitar 900 hektare di Kabupaten Kediri dan 750 hektare di Kabupaten Blitar. Kediri dan Blitar selama ini memang masih menjadi barometer harga untuk pasar Jabodetabek khususnya untuk cabai rawit merah,” kata Sukarman di tengah kunjungannya ke Kediri dan Blitar, Rabu (8/1).

Secara umum, lanjutnya, harga wajar rata – rata di tingkat petani Rp 35 – 40 ribu per kg. Meskipun demikian diakui terjadi sedikit penurunan pasokan mengingat kondisinya sisa dari pertanaman pertengahan 2019 lalu.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR