Pangeran Harry Mundur dari Kerajaan Inggris, Istana Sebut Masalah Rumit

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON– Pangeran Harry mengumumkan bahwa dia dan istrinya, Meghan Markle, mundur sebagai anggota ‘senior’ keluarga Kerajaan Inggris. Sejak diumumkan pada Rabu (8/1), Pangeran Harry dan Meghan Markle berencana menghabiskan lebih banyak waktu di Amerika Utara.

Pangeran Harry, yang berada di urutan keenam di bawah takhta Inggris mengataka, keputusan mundur itu karena mereka ingin mandiri secara finansial. Namun keduanya tetap mendirikan sebuah badan amal sambil melanjutkan beberapa tugas kerajaan. Mereka tetap menghormati Ratu dengan menyelesaikan tugas-tugas kerajaan sebelumnya.

“Kami sepenuhnya tetap mendukung Yang Mulia Ratu,” kata pasangan itu dalam sebuah pernyataan di Instagram @sussexroyal seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis (9/1).

Keputusan itu sudah dipikirkan mereka selama beberapa bulan terakhir. “Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini,” tulis mereka di Instagram.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota ‘senior’ dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu,” kata mereka.

Pengumuman itu dapat menunjukkan bahwa pasangan itu sekarang akan memiliki kehidupan pribadi yang selalu mereka perjuangkan. Dalam posting media sosial, pasangan itu mengungkapkan mereka berencana untuk membagi waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara. Sehingga menjadi keputusan yang dianggap tepat untuk putra mereka, Archie.

“Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan penghargaan atas tradisi kerajaan, sementara juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami, “tulis mereka.

“Sampai saat itu, terimalah yang terdalam dari kami, terima kasih atas dukungan Anda yang berkelanjutan,” jelasnya.

Tanggapan Kerajaan Inggris

Harry dan Meghan tidak berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lain tentang keputusan mereka seperti dilansir dari CNN. Dikatakan ada suasana kekecewaan yang mendalam di istana setelah pengumuman tersebut. Anggota senior keluarga terluka karena berita tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan hanya beberapa jam setelah posting Instagram pasangan itu, Istana Buckingham mengatakan situasinya ‘rumit’.

“Diskusi dengan Duke dan Duchess of Sussex berada pada tahap awal,” kata pernyataan humas istana Royal secara resmi.

“Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” jelas pihak Istana.

Seperti diketahui, pasangan itu menikah pada Mei 2018 dalam upacara mewah di Kastil Windsor, barat London, dan tahun lalu Meghan melahirkan anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, yang tidak menerima gelar kerajaan. Mereka akan membagi waktu antara Inggris dan Amerika Utara. (jpc/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...