Pengganti Gula, Ini 5 Pemanis Alternatif yang Lebih Sehat

Kadar antioksidan yang tinggi di dalam darah dapat menurunkan berbagai risiko penyakit. Penelitian lain yang dilansir dari International Journal of Food Sciences and Nutrition tahun 2009 menyebutkan konsumsi madu selama delapan minggu dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida pada penderita diabetes.

Meski punya banyak manfaat kesehatan, tapi madu juga mengandung fruktosa seperti gula pasir. Oleh karena itu, konsumsi secara berlebihan tidak disarankan.

Sirup Mapel

Sirup mapel berbentuk seperti cairan pekat yang diperoleh dari getah pohon mapel. Bahan makanan ini biasanya dikonsumsi dengan pancake atau waffle yang nikmat.

Tak hanya enak rasanya, sirup mapel mengandung berbagai mineral termasuk kalsium, potasium, besi, zinc, dan mangan. Selain itu, sirup ini juga mengandung berbagai zat antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Beberapa bahan di atas dapat Anda gunakan sebagai alternatif pemanis pengganti gula. Ingat, konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Sebaiknya, batasi konsumsi pemanis agar tidak terkena efek buruknya.(FR/AYU/klikdokter/jpnn/fajar)

Sumber : klikdokter
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Hamsah umar


Comment

Loading...