Preview Barcelona vs Atletico: Bahaya Benteng

0 Komentar

Latihan Atletico Madrid di Jeddah/MARCA

FAJAR.CO.ID, JEDDAH—Satu tiket final Piala Super Spanyol akan diperebutkan Barcelona dan Atletico Madrid di Stadion King Abdullah, Jeddah, dinihari nanti. Lionel Messi dan kawan-kawan mungkin favorit, tapi punya lubang di lini belakang.

Benteng pertahanan yang keropos menjadi masalah Raksasa Catalan musim ini. Dari 10 pertandingan resmi mereka sejak 9 November 2019, hanya dua kali gawang Blaugrana tidak kebobolan gol.

Tidak mengherankan jika mereka total sudah kebobolan 23 gol dalam 19 pertandingan La Liga 2019/2020. Itu menjadi catatan kebobolan terburuk klub Catalan tersebut sejak musim 2003/2004.

Jumlah kebobolan Barca bahkan hampir dua kali lipat dari catatan Real Madrid dan Atletico Madrid yang akan menjadi lawan mereka, dinihari nanti. Hingga paruh musim La Liga, dua klub Kota Madrid itu sama-sama baru kebobolan 12 kali.

Fakta itu tentu sedikit merisaukan pendukung mereka. Apalagi, Atletico datang ke Arab Saudi dengan ambisi besar membawa pulang trofi. “Kami ingin mengalahkan Barcelona,” tegas striker Atletico, Joao Felix dikutip dari Corriere Dello Sport.

Felix yang kemungkinan akan menjadi pemain paling merepotkan barisan benteng Barca mengatakan, ini memang laga berat. Namun, ia cukup percaya diri timnya akan menunjukkan performa bagus untuk menyingkirkan Barca.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit. Kami sudah bermain melawan mereka (Barcelona) di La Liga dan melihat apa yang bisa mereka lakukan. Kami bekerja dengan baik, mari kita buat permainan yang bagus dan mencoba untuk menang,” katanya di Torcedores.

Pemain muda terbaik dunia itu hanya menekankan pentingnya mengurangi kesalahan. “Kita harus bekerja sama di lapangan. Kami tidak dapat membuat kesalahan secara individu, ini akan menjadi titik kunci,” jelas pemain yang diklaim sebagai The Next Cristiano Ronaldo tersebut.

Gelandang Atletico, Thomas Partey menambahkan, duel ini menjadi tantangan khusus mereka. “Ini akan menjadi permainan yang indah, Anda harus memainkannya dan memenangkannya. Kami ingin melakukan pekerjaan dengan baik,” ujar Thomas di AS.

“Ini bukan pertama kalinya kami harus bermain melawan mereka. Niat kami adalah berusaha untuk tidak membuat kesalahan seperti di La Liga dan kami akan berusaha menang untuk bermain di final,” lanjutnya.

Pelatih Atletico, Diego Simeone sebagaimana laporan MARCA hanya akan kehilangan Thomas Lemar dan Diego Costa. Sedangkan Koke, ia sudah dalam kondisi fit dan bisa kembali memperkuat lini tengah bersama Thomas Partey, Saul Niguez, dan Angel Correa.

Di luar dari kesiapan Atletico menghadapi anak asuhnya, Pelatih Barca, Ernesto Valverde sejak awal mengingatkan timnya soal beratnya laga ini. “Semuanya sangat seimbang, ada empat tim yang kuat dan apa pun bisa terjadi,” kata Valverde di Euro Calcio Mercato.

Luis Suarez yang akan kembali bermain di lini serang bersama Lionel Messi dan Antoine Griezmann juga menganggap ini memang tantangan sulit. Karena itu, ia berharap ada perbaikan performa dari laga terakhir mereka.

Sebelum terbang ke Jeddah, Barca memang menorehkan hasil buruk setelah diimbangi tim juru kunci La Liga, Espanyol dalam derbi Catalan. “Anda harus mengevaluasi apa yang terjadi dan kita harus meningkatkan penampilan di Supercopa,” tandasnya di MARCA.

Barca yang menang 1-0 dalam duel terakhir kontra Atletico menyertakan enam pemain dari tim B; Inaki Pena, Arnau Tenas, Carles Perez, Riqui Puig, Alex Collado, dan Ronald Araujo dalam lawatan ke Jeddah. Sedangkan Marc-Andre ter Stegen, Ousmane Dembele, dan Arthur Melo tetap di Spanyol untuk pemulihan cedera. (amr)  

Prakiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): Neto; Sergi, Pique, Umtiti, Firpo; De Jong, Rakitic, Vidal; Messi, Suarez, Griezmann

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak; Lodi, Gimenez, Monteiro, Trippier; Thomas, Koke, Saul, Correa; Morata, Felix

Head to head

02/12/19 Atletico Madrid 0-1 Barcelona

07/04/19 Barcelona 2-0 Atletico Madrid

25/11/18 Atletico Madrid 1-1 Barcelona

04/03/18 Barcelona 1-0 Atletico Madrid

15/10/17 Atletico Madrid 1-1 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Barcelona

05/01/20 Espanyol 2-2 Barcelona

21/12/19 Barcelona 4-1 Alaves

19/12/19 Barcelona 0-0 Real Madrid

14/12/19 Real Sociedad 2-2 Barcelona

11/12/19 Inter Milan 1-2 Barcelona

Lima pertandingan terakhir Atletico Madrid

05/01/20 Atletico Madrid 2-1 Levante

22/12/19 Real Betis 1-2 Atletico Madrid

15/12/19 Atletico Madrid 2-0 Osasuna

12/12/19 Atletico Madrid 2-0 Lokomotiv Moscow

07/12/19 Villarreal 0-0 Atletico Madrid

FAKTA KUNCI

Barcelona tidak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya melawan Atletico di semua kompetisi.

Barcelona tak terkalahkan dalam 11 pertandingan terakhirnya di semua kompetisi dan memenangi tujuh laga di antaranya.

Barcelona hanya mencatatkan dua clean sheet dalam 10 laga resmi terakhir mereka di semua kompetisi.

Atletico memenangi empat pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Atletico selalu mencetak dua gol dalam empat pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Atletico mencatatkan tiga clean sheet dalam lima laga terakhir mereka di semua kompetisi.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...