Rudal Fateh-313, Misil yang Digunakan Iran Serang Pangkalan Udara AS

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, TEHERAN — Belasan Rudal menembaki pangkalan udara AS di Ain al-Assad di Irak barat sebagai pembalasan atas pembunuhan Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Muhandis beserta rekan-rekan mereka.

Pangkalan militer AS di Ain al-Assad, Irak, adalah salah satu pangkalan paling penting bagi AS. Pangkalan ini menjadi markas drone dan helikopter AS dikerahkan, termasuk 4.000 tentara.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada dini hari Rabu pagi, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengkonfirmasi bahwa pangkalan udara AS di Irak barat telah dipukul dengan ‘puluhan rudal’.

Serangan itu sebagai tanggapan atas serangan pesawat tak berawak AS yang membunuh mantan Komandan Pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Letnan Jenderal.

Mengacu laporan media Iran, Iranian pada Kamis, 9 Januari, jenis rudal yang digunakan IRGC atau Pasukan Pengawal Revolusi Islam adalah rudal jenis Fateh-313.

Rudal balistik jarak pendek dengan bahan bakar padat Iran itu diluncurkan pada 21 Agustus 2015. Rudal Fateh 313 merupakan rudal pelanjut dari generasi sebelumnya Fateh-110.

Dari sisi jangkauan, Rudal Fateh-313 mampu menjangkau sasaran hingga 500 km dengan tepat, sedangkan Fateh-110 hanya mampu menjangkau sepanjang 300 km.

Berdasarkan foto satelit, kerusakan yang ditimbulkan akibat hantaman rudal Iran terhadap Pangkalan Udara AS di Irak cukup parah. Spekulasi mengenai adanya korban berkembang. Media Iran melaporkan setidaknya ada 80 tentara AS tewas, sementara Presiden AS Donald Trump menegaskan tidak ada satupun tentaranya yang meninggal. (fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...