Site Visit, Chief Assessor AUN-QA Puji Konsistensi Unhas

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak 11 asesor dan staf ASEAN University Network – Quality Assurance (AUN-QA) yang berasal dari 4 negara berbeda mengakhiri site visit atau kunjungan lapangan terhadap 4 program studi di Universitas Hasanuddin.

Pertemuan akhir (exit meeting) berlangsung di Loung Rector, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Kamis (9/1), sejak pukul 09.00 Wita.

Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh asesor dan staf AUN-QA. Para asesor memaparkan temuan awal (preliminary finding) dihadapan Rektor Unhas, para wakil rektor, Ketua Senat Akademik, Majelis Wali Amanat, dekan-dekan, direktur, kepala biro, dan task force AUN-QA Unhas.

Setiap program studi (prodi) divisitasi oleh dua orang asessor, yang terdiri dari Lead Assessor dan Assessor. Para asesor memaparkan berbagai keunggulan yang mereka temui pada masing-masing prodi yang divisitasi, yaitu Prodi Akuntansi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Prodi Sastra Inggris (Fakultas Ilmu Budaya), Prodi Agroteknologi (Fakultas Pertanian), dan Ilmu Gizi (Fakultas Kesehatan Masyarakat). Secara umum, keempat prodi yang divitasi memiliki keunggulan untuk setiap kriteria yang menjadi fokus asesmen.

Meskipun demikian, terdapat beberapa rekomendasi untuk hal-hal yang dapat dikembangkan, dimana AUN-QA menggunakan istilah “area of improvement”. Rekomendasi ini nantinya perlu ditindaklanjuti oleh unsur prodi, fakultas, dan universitas, untuk memastikan terjaganya kualitas akademik menurut standar yang telah ditetapkan.

Asesmen AUN-QA didasarkan pada empat kriteria utama, yaitu: (1) Expected Learning Outcome; (2) Program Specification; (3) Program Structure and Content; (4) Teaching and Learning Approcah; (5) Student Assesment; (6) Academic Staff Quality; (7) Supporting Staff Member Quality; (8) Student Quality and Support; (9) Facilities and Infrastructures; (10) Quality Enhancement; dan (11) Output.

Para asesor AUN-QA yang melakukan visitasi selama 3 hari (Selasa s.d. Kamis, 7-9/1) berasal dari berbagai negara ASEAN dan universitas, yaitu:

Asesor Prodi Akuntansi:

  1. Prof Dr Yahaya Md Sam, (Universiti Teknologi Malaysia)
  2. Dr Nguyen Thi My Ngoc, (Vietnam National University)

Asesor Prodi Sastra Inggris:

  1. Assoc Prof Dr Ornsiri Cheunsuang, (Chulalongkorn University, Thailand)
  2. Dr Nguyen Huy Phuc, (Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam)

Asesor Prodi Agroteknologi:

  1. Prof Dato Ir Dr Riza Atiq Abdulah bin OK Rahmat, (Universiti Kebangsaan Malaysia)
  2. Dr Marlene M De Leon, (Ateneo De Manila University, Philippines)

Asesor Prodi Ilmu Gizi:

  1. Assoc Assoc Prof Dr Gerardo Largoza, (De La Salle Universiti, Philippines)
  2. Dr Prakom Siriprakob, (Chulalongkorn University, Thailand)

Representatives AUN-Secretariat:

  1. Dr Choltis Dhirathiti, Executive Director of AUN
  2. Ms Tarida Dalai, Assesment Officer of AUN-QA Secretariat
  3. Ms Supatcha Supapant, AUN-QA Secretariat

Pemaparan para aseor ini diakhiri dengan konklusi yang dibawakan oleh Chief Accessor AUN-QA, Prof Dr Yahaya Md Sam. Dalam presentasinya. Prof. Yahya memuji peningkatan capaian Unhas serta konsisten dalam menjaga budaya mutu.

“Dalam perspektif AUN-QA, kualitas bukanlah tujuan, tetapi perjalanan. Saya telah datang melakukan visitasi ke Unhas untuk ketiga kalinya. Setiap kali datang, Unhas selalu menunjukkan peningkatan. Kami para asesor sangat salut konsistensi Unhas dalam menjaga budaya kualitas ini,” kata Prof. Yahya.

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerja keras yang dilakukan para asesor baik sebelum maupun selama visitasi. Prof. Dwia menegaskan akan memperhatikan rekomendasi-rekomendasi tersebut dan akan menjadikan bahan masukan dalam rapat koordinasi pimpinan yang digelar setiap bulan.

“Saya paham beratnya tugas para asesor. Sebelum datang telah membaca dan meneliti dokumen Self Assesment Report yang kami kirimkan. Kemudian selama tiga hari disini jadwalnya sangat padat. Seluruh elemen diwawancarai, mulai dari dosen, staf, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan pimpinan. Maka saya akan menjadikan seluruh masukan ini sebagai bahan rapat bulanan kami,” kata Prof. Dwia.

Visitasi di Unhas merupakan proses visitasi ke-171 yang dilakukan oleh AUN-QA. Bagi Unhas sendiri, inilah untuk keenam kalinya asesor AUN-QA melakukan visitasi. Hingga kini, sebanyak 17 prodi di Unhas telah dinyatakan memenuhi standar kualitas menurut kriteria AUN. Visitasi yang dilakukan kali ini akan diumumkan hasilnya dalam waktu dua bulan mendatang.

Untuk tahun 2020, Unhas telah mengajukan lagi empat prodi yang direncanakan akan melalui proses asesmen dan visitasi pada bulan November mendatang. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...