Antisipasi Bencana Alam, Polres Maros Tanam 750 Bibit Pohon

0 Komentar

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAROS — Guna mencegah terjadinya bencana alam, Kepolisian Resort Maros (Polres) melakukan penanaman 750 bibit pohon di Mapolres Maros Jalan Ahmad Yani, Jumat, 10 Januari 2020.

Penanaman pohon secara serentak ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan.

Usai melakukan penananaman di Halaman Mapolres Maros selanjutnya dilanjutkan penanaman di tiga titik.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Maros , Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Musa Tampubolon mengatakan kegiatanini merupakan instruksi langsung dari Kapolri dengan tujuan sebagai upaya Polri dalam mencegah dan ikut berpartisipasi untuk mencegah bencana alam.

Saat ini, kata dia, upaya-upaya penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan, melalui konservasi tanah dan air, serta reboisasi dan penghijauan, sudah tidak dapat ditunda lagi.

“Bumi saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius, seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global, rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan hilangnya beberapa jenis flora dan fauna,” sebutnya.

Dia juga mengatakan jika lahan yang terpelihara dengan baik dan ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi melindung lahan di sekitarnya.

“Lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air. Sehinffa lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga keseimbangannya,” sebutnya.

Dia juga mengatakan selain Mapolres Maros, juga ada tiga titik yang dicanangkan penanaman secara serentak. Yakni diwilayah Kecamatan Turikale, Kecamatan Marusu dan Kecamatan Bantimurung.

“Dengan jumlah keseluruhan bibit pohon yang kita tanaman ditiga titik sebanyak 750 buah dengan berbagai jenis,” katanya.

Menurutnya program penghijauan ini bertujuan untuk mencegah bencana banjir, mencegah tanah longsor serta mengurangi polusi udara sehingga dapat memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

Dia juga mengatakan jika gerakan Polri Peduli penghijauan ini merupakan salah satu aksi konkrit dan upaya nyata yang
dilakukan secara serentak serta berkesinambungan di seluruh Indonesia untuk memulihkan kondisi alam yang tandus dan kering.

“Ini juga sekaligus membangun kesadaran masyarakat untuk menanam pohon dan merawatnya. Agar kita semua nantinya dapat merasakan manfaat menanam pohon dilingkungan kita masing masing,” ungkapnya.

Musa juga mengajak seluruh masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumah.

“Saya juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon di pekarangan rumah kita masing-masing,agar sirkulasi udara disekitar rumah kita akan menjadi lebih segar,” imbuhnya. (rin)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...